DMI.OR.ID, DEPOK – Sekitar 3.000 mahasiswa baru (maba) Universitas Indonesia (UI) tahun ajaran 2015 bersama-sama menyanyikan empat buah lagu dengan judul: Indonesia Raya, Mars Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Satu Nusa Satu Bangsa, dan Garuda Pancasila.

Keempat lagu itu dinyanyikan di Balairung UI, Kampus UI, Depok, dalam acara pembukaan MTQ Mahasiswa Nasional (MN) XIV pada Sabtu (1/8) malam.

Dalam acara pembukaan ini, hadir 1.863 peserta MTQMN XIV dari 168 perguruan tinggi negeri (ptn) dan swasta. Hadir pula sekitar 1.000 undangan VIP, official (panitia), pembina dan pendamping peserta.

Acara ini berlangsung sangat khidmat dan meriah dengan tampilnya mahasiswa baru UI yang mampu ‘menggetarkan’ balairung, apalagi diiringi penampilan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI.

Terdapat empat UKM UI yang turut berpartisipasi dalam acara ini, yakni Orkestra Mahawaditra UI, Marching Band Madah Bahana UI, Paduan Suara Paragita UI, dan Liga Tari Krida Budaya (LTKB) UI. Tampil pula grup marawis dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Dalam acara pembukaan ini, tampil defile dari 168 Perguruan Tinggi (PT) yang menjadi peserta, dengan perwakilan dua orang untuk setiap PT.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, maba UI terlihat sangat antusias dan bersemangat saat kafilah UI berjalan ke atas panggung utama. Suasana gemuruh dan tepuk tangan panjang pun mengiringi defile khafilah UI ketika berjalan ke panggung utama.

Suasana serupa terjadi pula saat defile khafilah dari Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Andalas, serta beberapa perguruan tinggi lain berjalan ke arah panggung utama.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti defile mencapai 336 peserta. Mereka berdiri di panggung utama dan masing-masing menerima kitab suci Al-Qur’an yang merupakan sumbangan dari Kerajaan Saudi Arabia dan Kemenyerian Agama RI.

Dalam kegiatan ini, UKM Paduan Suara Paragita UI menyanyikan lagu-lagu bernuansa Islami, yakni Sholawat Badar dan Sholawat Cinta, sedangkan LTKB UI mementaskan tari tradisional Betawi, Ronggeng Blantek, di awal acara, dan tari tradisional Melayu, Zapin di akhir acara.

Dalam acara ini hadir Rektor Univrsitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Ir. H. Muhamad Anis, M.Met, Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, Ketua Dewan Hakim MTQMN XIV, Prof. Dr. KH. Said Aqil Husin Al-Munawar, M.A., dan Ketua Panitia MTQ MN XIV, Dr. H. Arman Nefi, SH., MH.

Hadir pula Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Riset, Teknologi (Kemenristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti), Prof. Dr. H. Ainun Naim, yang memberikan sambutan mewakili Menristek Dikti, Prof. Dr. H. Muhammad Nashir.

Adapun pembawa acara (master of ceremony) dalam acara MTQ MN XIV ini ialah Agus Idwar dan Roosita, dua mc terkenal alumni UI dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Hadir pula Wali Kota Depok, Dr. H. Nur Mahmudi Ismail, bersama anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Andi Mappetahang Fatwa.

Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Kota Depok, KH. Dimyati Badruzzaman, juga turut hadir sekaligus memimpin dan membaca do’a bersama.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

*  Watch “Pembukaan MTQMN XIV 2015” on YouTube – Pembukaan MTQMN XIV 2015:  http://youtube/CR6plMRFlXU