DMI.OR.ID, BLITAR – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Timur (Jatim) bekerjasama dengan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jatim dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menetapkan pembentukan Kampung Keluarga Berencana (KB) di seluruh wilayah Blitar, dimulai dari Desa Tulungrejo, Kecamatan Wates, pada Ahad (14/1).

Penetepan ini merupakan bagian dari kegiatan Bakti Sosial DMI Jatim di Desa Tulungrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Provinsi Jatim yang diselenggarakan pada Sabtu (14/1) di Masjid Iklas Al-Amin, Desa Tulungrejo, Kecamatan Wates, Blitar.

Seperti dikutip dari laman http://wonderfulwates.blogspot.co.id, program Kampung KB ini memiliki motto Dua Anak Lebih Baik. Dengan memiliki maksimal dua orang anak dalam satu keluarga, diharapkan sebuah keluarga menjadi harmonis dan dapat merencanakan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh anggotanya, khususnya anak-anak.

Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Plt). Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono, M.Si., menyatakan rasa terima kasihnya kepada DMI Jatim dan semua pihak yang turut membantu terselenggaranya kegiatan bakti sosial (baksos) ini.

“Kami sangat berterimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh DMI Provinsi Jatim ini. Apalagi banyak sekali pihak-pihak yang ikut serta dalam kegiatan baksos ini seperti dari Perusahaan Umum (Perum) Perusaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani), Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim, BKKBN Jatim, dan Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Jatim,” tutur Totok pada Sabtu (14/1).

Berbagai pihak, lanjutnya, juga ikut membantu kegiatan baksos ini seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan pengurus Masjid Nasional Al-Akbar di Surabaya, serta Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wilayah Jatim.

“Hal ini menunjukkan bahwa pihak-pihak yang berperan dalam baksos ini sangat perhatian terhadap masyarakat Blitar,” papar Totok.

Dalam kegiatan ini, turut hadir dan memberikan kata sambutan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Jatim, Drs. H. Muhammad Roziqi, M.M., M.B.A., serta Ketua Dewan Pimpinan MUI Wilayah Jatim, KH. Abdusshomad Buchori.

Kiai Abdusshomad juga memberikan taushiyah kepada para hadirin, lalu memberikan dua buah buku karyanya kepada Plt. Sekda Kabupaten Blitar, Totok Subihandono, serta memimpin doa bersama saat menutup rangkaian acara.

Ketua Panitia Baksos DMI Jatim di Desa Tulungrejo, H. Rustin Tri Setyo Budi, S.H., yang juga Camat Wates, berharap agar kegiatan-bakti sosial ini dapat dilaksankan lebih sering lagi, tidak hanya setahun sekali, guna membantu warga yang membutuhkan.

“Semoga kegiatan-kegiatan semacam bakti sosial oleh DMI Jatim ini dapat dilaksanakan lebih sering lagi, tidak hanya setahun sekali, demi membantu masyarakat yang membutuhkan,” paparnya.

Pemerintah Kecamatan Wates, lanjutnya, sangat berterima kasih atas kegiatan baksos yang dilaksanakan oleh DMI Provinsi Jawa Timur di Masjid Iklas Al-Amin, Desa Tulungrejo, Kecamatan Wates. Blitar ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani