Image may contain: 10 people, people standing

Keterangan: Rapat PP DMI pada Jumat (11/5) di kediaman Wakil Presiden (Wapres) RI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla

DMI.OR.ID, JAKARTA – Jelang datangnya Bulan Suci Ramadhan tahun 1437 Hijriah yang suci dan mulia, Pimpian Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah mengeluarkan delapan buah seruan kepada seluruh pengurus dan jama’ah masjid serta ummat Islam di seluruh Indonesia.

Pertama, DMI berkeyakinan bahwa Ramadhan yang suci dan mulia ini menjanjkan rahmah Allah bagi sesama, maghfirah atau ampunan Allah, serta kemerdekaan ummat beriman dari azab neraka.

Kedua¬†, hendaknya seluruh ummat Islam dapat melaksanakan shiyam (puasa) selama sebulan ini dengan penuh khidmat dengan dilandasi iman dan penuh kecermatan serta senantiasa mengharap ridha Allah Subhanahu Wata’ala (SWT).

Ketiga, demi terjaganya kecusian dan kemuliaan bulan Ramadhan, hendaknya ummat Islam pada khususnya dan segenap bangsa Indonesia pada umumnya dapat bersama-sama menjaga kerukunan, toleransi, dan kedamaian dalam kehidupan bersama baik secara individual, kemasyarakatan, dan keberbangsaan Indonesia, serta pada akhirnya ialah tetap terjaganya keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Keempat, seluruh jajaran Pengurus Dewan Masjid Daerah di seluruh Indonesia hendaknya senantiasa meningkatkan usaha dan pelaksanaan program-program memakmurkan dan dimakmurkan masjid melalui shalat berjama’ah, shalat tarawih, tadarrus Al-Qur’an, pengajian (taklim), taushiyah, dan pembayaran zakat, infaq, dan shadaqah lainnya. Kegiatan-kegiatan itu hendaknya dilaksanakan dalam semangat taqarrub ilallah serta keutuhan ummat dan bangsa.

Kelima, seluruh jajaran pimpinan dan pengurus masjid hendaknya senantiasa memperteguh fungsi Masjid sebgai tempat ibadah serta tempat menyemai kemakmuran dan kesejahteraan umat serta harmoni masyarakat dan bangsa.

Keenam, seluruh dai, ustadz/ ustadzah, dan para pemberi taushiyah kiranya senantiasa mengutamakan tumbuhnya ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia), dan ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama anak bangsa).

Ketujuh, seluruh jajaran pengurus DMI hendaknya berperan aktif dalam menjauhkan masyarakat dan masjid dari sebaran fitnah, hoax, dan provokasi yang mengadudomba sesama masyarakat.

Kedelapan, dengan memohon ridha dan maghfirah Allah SWT, PP DMI mengucapkanselamat menunaikan ibadah puasa seraya menyerukan “Berpegang teguhlah pada tali Allah semuanya, jangan bercerai-berai………….(wa’tashimu bihablillahi jamiian wa la tafarraqu).

Delapan seruan PP DMI untuk menyambut datangya bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP DMI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H Imam Addaruqutni, M.A.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani