DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menegaskan induk dari berbagai permasalahan yang terjadi di timur tengah, termasuk terorisme global, adalah cengkraman (penjajahan) Israel atas Palestina.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A., menyatakan hal itu pada Jumat (4/3) sore, saat diwawancarai DMI.OR.ID di Sekretariat PP DMI, Jakarta.

“Akar permasalahan dari berbagai konflik yang terjadi di dunia saat ini, the mother problems of conflicts, termasuk terorisme global, adalah permasalahan Palestina, di atasnya adalah cengkraman Israel atas Palestina,” tegas Imam pada Jumat (4/3) sore.

Wakil Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) ini juga menyatakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) V Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang diselenggarakan di Jakarta bernilai sangat strategis.

“KTT LB V OKI ini sangat strategis untuk memelihara perdamaian dan menjaga ketertiban dunia yang langgeng (abadi) karena topik utamanya adalah permasalahan Palestina,” ungkapnya.

Menurutnya, konflik Palestina-Israel bukan sekedar konflik antar negara dan antar bangsa, tetapi juga persoalan kemanusiaan, yakni pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Israel terhadap Palestina.

“Pelanggaran HAM dalam masalah Palestina jelas bertentangan dengan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Tentang Declaration of Human Rights. Padahal, deklarasi ini secara rinci telah mengatur dasar-dasar pemikiran HAM,” jelasnya.

Dewan Keamanan PBB, lanjutnya, juga tidak boleh setengah-setengah dalam menyelesaikan berbagai persoalan terkait pelanggaran HAM yang terjadi di Palestina.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani