Sumber: www.youtube.com

DMI.OR.ID, PANGKALPINANG – Dewan Masjid `Indonesia (DMI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) dan Majelis Qolbun Salim bekerjasama menggelar Pelatihan Manajemen Masjid pada Senin (13/6) di Masjid Raya Tuatunu Indah, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Babel.

Seperti dikutip dari laman http://bangka.tribunnews.com/, kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Majelis Qolbun Salim, H. Purwa Riadi, dan meghadirkan Ustaz Drs. H. Ahmad Yani selaku pemateri yang juga Sekretaris Departemen Dakwah dan Pengkajian Pimpinan Pusat (PP) DMI. Hadir juga Ketua Pimpinan Daerah (PD) DMI Kota Pangkalpinang, H. Rusli Rusnadi.

Dalam sambutannya, ketua panitia, Deddy Kurniadi, menyatakan pelatihan manajemen masjid ini diikuti oleh 120-an peserta, sebagai utusan dari 80 masjid dan 40 musholla se-kota Pangkalpinang. “Peserta yang diundang merupakan ketua atau perwakilan masjid/ musholla se-Kota Pangkalpinang,” jelasnya.

Harapan kami, lanjutnya, pelatihan manajemen masjid dapat menambah keberkahan dan seluruh peserta dapat mengelola masjid lebih baik sehingga dapat memakmurkan masjid dan jemaahnya,

Sedangkan Ustaz Ahmad Yani menjelaskan peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah (ubudiyyah), sosial kemasyarakatan (ijtima’iyyah), dan pendidikan (tarbiyyah). “Masjid dan jama’ahnya itu hendaknya sama-sama dimakmurkan,” ungkapnya.

Berikut ini adalah video acara pelatihan manajemen masjid di Masjid Raya Tuatunu Indah, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Provinsi Babel, pada Senin (13/6).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani