DMI.OR.ID, JAKARTA РBadan Narkotika Nasional (BNN) menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) Pemetaan dalam Rangka Pemberdayaan Lingkungan Masyarakat di Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pada Kamis (11/2), bertempat di Jakarta..

Kegiatan ini mengambil tema Membentuk Penggiat Anti Narkoba Guna Mendukung Program P4GN di Lingkungan Masyarakat dan turut mengundang sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) di Indonesia seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Majeis Ulama Indonesia (MUI), dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Dalam acara ini, hadir pula Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan dan strategi nasional tentang P4GN di Lingkungan Masyarakat, khususnya dari BNN, serta berupaya meningkatkan peran aktif ormas-ormas dalam memerangi narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

Kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan pemetaan secara komprehensif terhadap para calon penggiat anti narkoba yang akan mendapatkan pengembangan kapasitas di bidang P4GN.

“Sebelumnya, DMI dan BNN telah bekerjasama melakukan beberapa kegiatan seperti memfasilitasi pembentukan Da’i Anti Narkoba, dan workshop bertema sosialisasi pemberdayaan lingkungan masyarakat di bidang P4GN,” tutur Dian pada Kamis (11/2).

DMI dan BNN, lanjutnya, juga berupaya membuat buku panduan bagi para da’i dan khotib anti narkoba yang dikoordinasikan oleh DMI. “Mudah-mudahan kerja sama ini dapat terus berlanjut dan semakin meningkat,” harapnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani