DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menandatangani Nota Kesepahaman (Mount of Understanding) Tentang Program Nasional Pengembangan Wisata Religi Berbasis Masjid di Indonesia bersama-sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dan Tim Percepatan Wisata Halal pada Kamis (15/6) sore di Jakarta.

Tepatnya di Balairung Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenpar RI, Jakarta, pada Pukul 15.30 – 17.30 WIB. Acara kemudian berlanjut dengan Buka Puasa Bersama.

Informasi ini disampaikan oleh Ketua Program Nasional Pengembangan Wisata Religi Berbasis Masjid di Indonesia, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Ag., yang juga Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) DMI, dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Selasa (13/6) malam.

Event di bulan suci ini diinspirasi oleh visi untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid dari Bapak H. Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Umum PP DMI sejak 2012. Tujuannya untuk membangkitkan semangat, potensi Masjid dan Umat Islam Indonesia,” tutur Munawar pada Selasa (13/6) malam.

Khususnya, lanjut Munawar, dalam mensyiarkan dan memanfaatkan betapa kayanya negeri ini dengan spiritualitas dan religiusitas yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata yang ramah bagi semua. “Selain dikenal publik sebagai negeri yang aman, damai dan harmoni, Indonesia juga kaya dengan spiritualitas dan religiusits, very friendly destination,” ujar Munawar.

Menurutnya, wisata religi telah menjadi trend (kecendrungan) global dan semakin luas aktifitasnya, termasuk wisata halal. Ini seiring dengan perkembangan pariwisata dunia. Apalagi peran dan kemampuan Indonesia semakin penting di kancah internasional dalam hal daya tarik dan tujuan wisata halal di segala sektor.

Indonesia, lanjutnya perlu merespon posisi dan kebutuhan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara terhadap berbagai macam produk dan layanan wisata halal di segala sektor.

“Itu sebabnya dibutuhkan sinergi bersama antara Kemenpar RI, Tim Percepatan Wisata Halal, dan PP DMI untuk segera merespon perkembangan wisata halal di Indonesia, yakni dengan meluncurkan Program Pengembangan Wisata Religi Berbasis Masjid,” jelasnya.

Acara penandatanganan MoU ini juga akan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum PP DMI. Selain itu, turut hadir berbagai pemangku kepentingan industri wisata religi dan wisata halal di Indonesia dan di tingkat global.

“Insya Allah, acara akan dibuka dan diluncurkan oleh Wapres RI, Bapak H Muhammad Jusuf Kalla, bersama Menteri Pariwisata RI, Bapak Dr. H. Arief Yahya, M.Sc., untuk menyaksikan penandatanganan MoU antara PP DMI dan Kementerian Pariwisata RI,” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani