DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menegaskan pihaknya mengutuk bom bunuh diri di sekitar Masjid Nabawi, Madinatul Munawarah, Saudi Arabia, yang terjadi pada Senin (4/7) petang, dalam rilisnya kepada laman DMI.OR.ID, Selasa (5/7).

“Dunia Islam harus lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, taqarrub ilAllah, dengan menjalin ukhuwwah Islamiyyah, bersatu, dan menyusun langkah konkrit untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada ummat,” tutur Ketua PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi.

“Menyerukan kepada para khatib dan mubaligh untuk membacakan do’a qunut nazilah bagi para korban bom bunuh diri di sekitar Masjid Nabawi, Madinatul Munawarah, dalam khutbah Iedul Fithri nanti,” tutur Nasir yang juga Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Dunia Islam, lanjutnya, hendaknya saling menjaga ukhuwwah dan persatuan untuk mewujudkan Rahmatan lil A’lamin ,demi keselamatan bangsa-bangsa Islam di seluruh dunia.

“Kita juga mendesak Pemerintah Saudi Arabia segera mengundang para kepala negara Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk bersidang guna melakukan langkah-langkah positif demi keselamatan ummat Islam di berbagai belahan dunia,” tegasnya.

Menurutnya, segenap komponen ummat Islam dan bangsa Indonesia harus mengambil hikmah dari kejadian bom bunuh diri itu, dengan melakukan muhasabah (introspeksi diri) dan konsolidasi guna memajukan potensi ummat di segala bidang, demi kesejahteraan kita semua.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani