DMI.OR.ID, JAKARTA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Penyelenggara Perjalanan Haji dan Umrah Khusus (PPHUK) Nur Rima Al Waali (NRA) sedang dan akan memberangkatkan umrah sebanyak 100 orang Imam masjid dari seluruh Indonesia secara bertahap.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) DMI, Drs. H. Andi Mappaganti, M.M., menyatakan hal itu pada Selasa (5/12/17), seperti dikutip dari laman http://www.republika.co.id.

“Niat ini bermula saat Muktamar VII DMI pada 11 November 2017 lalu. Jadi para Imam yang berkesempatan melaksanakan umrah ialah mereka yang benar-benar menjadi imam masjid di sekitar tempat tinggalnya,” tutur H. Andi Mappaganti pada Selasa (5/12/17).

Para peserta umrah, lanjutnya, harus menyerahkan surat-surat terlampir dari DMI setempat, dan syaratnya belum pernah beribadah haji atau umrah sebelumnya.

Pernyataan senada diungkapkan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Daerah Khusus Ibulota (DKI) Jakarta, Drs. KH. Makmun Al Ayyubi, bahwa para imam masjid yang mengikuti umrah bersama PPHUK NRA harus mempersiapkan semuanya. “Untuk menuju Baitullah, bukan hanya kesiapan nurani (rohani), tetapi juga kesiapan materi (fisik),” tuturya.

“Alhamdulilah, saya sangat bersyukur dengan adanya program umrah 100 imam masjid bersama PUHK NRA. Harapannya, agar kerja sama yang baik antara DMI dan NRA dapat ditingkatkan lagi di masa depan,” paparnya.

Salah satu peserta yang berangkat umrah melalui  PPUHK NRA ialah Mohammad Qosim, imam Masjid Jami’ Al Hijrah, Rumah Susun (Rusun) Marunda, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Alhamdulilah, sebenarnya sudah mempersiapkan tabungan untuk berangkat umrah, namun takdir berkata lain, saya justru berangkat menuju tanah suci lewat program NRA Group dan DMI,” tuturnya.

Salah satu cita-cita qasim selama berada di tanah suci Mekah dan Madinah ialah ingin khatam al-Qur’an sebanyak 30 juz di Mekah dan 30 Juz di Madinah. “Sekaligus memperbanyak sholawat kepada Rasulullah Muhammad SAW, dan menunaikan sholat berjama’ah di Masjidil Haram, Mekah, dan Masjid Nabawi, Madinah,” imbuhnya.

Adapun pemberangkatan umrah tahap pertama dimulai pada Sabtu (2/12/17). Para imam masjid yang berangkat ke tanah suci ialah mereka yang sudah direkomendasikan oleh Ketua Pimpinan Daerah (PD) dan Ketua PW DMI di daerahnya masing-masing.

Sebelumnya DMI dan PPUHK NRA telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pada Sabtu (11/11/17), dalam rangkaian acara Muktamar VII DMI di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, penandatanganan itu dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, bersama pimpinan PPUHK NRA dengan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum PP DMI, serta pengurus PP DMI lainnya.

Penulis: Muhamad Ibrahim Hamdani