DMI.OR.ID, JAKARTA – Kerja sama Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) adalah bagian dari kemungkaran/ keburukan yang sudah diketahui oleh umum, bukan yang tersembunyi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, MA., menyatakan hal itu pada Rabu (25/11) pagi, saat memberikan sambutan dalam acara Pemberdayaan Peran Serta Masyarakat di Lingkungan Pendidikan Informal dan Upaya P4GN di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta.

“Para ulama, mubaligh, muballighah, ustadz, kiai, khatib, da’i dan da’iyah harus bekerjasama dengan BNN untuk menjauhkan dan menyelamatkan ummat dari kemungkaran, keburukan, dan kesesatan. Penyalahgunaan narkoba merupakan bentuk kemungkaran yang sudah diketahui oleh umum,” tutur Imam pada Rabu (25/11) pagi.

Upaya-upaya P4GN ini, lanjutnya, tidaklah ringan. Masalah narkoba ini sudah menjadi ancaman dunia, levelnya sudah qitaal, perang melawan narkoba. “Kita harus benar-benar fokus melawan narkoba. Namun, bahan bacaan tentang narkoba untuk khatib dan muballigh masih sedikit,” ucapnya.

Menurutnya, khatib dan mubaligh perlu memperluas area dakwah, termasuk upaya-upaya P4GN, sambil terus mendalami dan menyelami hal ihwal penyalahgunaan narkoba. “Sudah saatnya kita ambil peran di bidang ini, DMI dan BNN akan berupaya memfasilitasi kerja sama ini,” ungkapnya.

Imam pun berpesan agar para u’lama, khatib dan muballigh memperhatikan kapasitas dan kemampuan diri dalam upaya-upaya P4GN. Jadi, harus dengan perhitungan dan strategi yang matang. “Ibarat makan bubur ayam, dimakannya dari samping karena yang bagian tengah sangat panas. Nanti kalau sudah tidak panas, lama-lama bagian tengahnya dimakan juga,” paparnya.

Kegiatan ini bertajuk Mengatasi Bahaya Narkoba Melalui Dakwah dan menghadirkan beberapa pembicara seperti Sekretaris Jenderal PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, MA., Ketua Bidang Sarana, Hukum, dan Waqaf PP DMI, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, dan Sekretaris Departemen Dakwah dan Pengkajian PP DMI, Ustadz Drs. H. Ahmad Yani.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Sekretaris Departemen komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri (Hublu) PP DMI, H. Hery Sucipto, Lc., MM., dan Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Lingkungan Kerja Masyarakat (Linjamas) BNN, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ricky Yanuarfi.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani