DMI.OR.ID, PADANG – Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Padang menyediakan layanan gratis berupa perbaikan sound system (akustik) untuk masjid dan musholla di Kota Padang dengan mobil akustik masjid dan tenaga teknisi terlatih.

Ketua PD DMI Kota Padang, H. Maigus Nasir, S.Pd., menyatakan hal itu pada Ahad (19/6) sore, seperti dikutip dari laman http://harianhaluan.com/

“Pengurus masjid dan musholla jangan ragu karena per­baikan (akustik) dilaksanakan oleh tenaga teknis terlatih. Saat ini, mobil akustik yang merupakan bantuan dari Pimpinan Pusat (PP) DMI itu sudah mulai mendatangi masjid dan musholla,” papar Maigus.

Tentu saja, lanjutnya, harus ada izin dari pe­ng­urus untuk memastikan apakah alat pe­ngeras suara di masjid itu sudah baik atau belum, dan apakah sudah sesuai dengan yang di­harapkan.

“Kualitas alat pe­ngeras suara sangat penting dalam pelaksanaan ibadah, terutama untuk kegiatan ce­ramah dan salat Jumat. Namun, kemampuan mobil akustik yang baru saja dioperasikan sejak bulan Ramadhan lalu tentu sangat terbatas dibandingkan dengan jumlah masjid dan musholla yang ada di Kota Padang ini,” jelasnya.

Menurut mantan Direktur Eksekutif Badan Amil Zakat Nasional (Baz­nas) Kota Padang ini, pegurus masjid dan musholla yang ingin diperbaiki masjidnya dapat menghubungi petugas Zefrinal dengan nomor kontak: 081363033745.

“Mari manfaatkan fa­silitas yang disediakan DMI ini secara gratis. Namun untuk penggantian peralatan akustik masjid, tentu menjadi tanggung jawab pengurus masjid dan musholla,” ungkapnya.

Terkait hal ini, Manager Operasional Akustik Masjid Pimpinan Pusat (PP) DMI, Drs. H. Musfidarizal, M.M., menyatakan bahwa di Sumatera Barat terdapat tujuh mobil akustik masjid yang dioperasikan oleh Tim Akustik DMI.

“Di Sumatera Barat, terdapat satu mobil akustik DMI yang sedang beroperasi di Kabupaten Tanah Datar, satu mobil akustik di Kabupaten Pesisir Selatan, satu mobil akustik di Kabupaten Pasaman Barat, satu mobil akustik di Kabupaten Padang Pariaman, dan satu mobil akustik di Kota Solok, serta dua mobil akustik di Kota Padang,” papar Musfidarizal pada Rabu (24/8) di Kantor PP DMI, Jakarta.

Di Kota Padang, lanjutnya, DMI juga bekerjasama dengan PT. Semen Padang untuk mengoperasikan satu mobil akustik DMI.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani