DMI.OR.ID, PALU – Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Sulteng harus bersama-sama memperbaiki manajemen masjid agar lebih transparan dan akuntabel.

Kepala Seksi Ketenagaan dan Kesiswaan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, H. Muhammad Ramli, S.Ag, M.Ag, menyatakan hal itu pada Sabtu (16/1), saat memberikan sambutan mewakili Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenag Provinsi Sulteng, Drs. H. Zulkifli Tahir, M.Pd.I.

Tepatnya, dalam acara Musyawarah Wilayah (Muswil) V DMI Provinsi Sulteng di Wisma Donggala, Palu, Sulteng. kegiatan ini mengambil temaMenumbuhkan Generasi Qur’ani Menyongsong Masa Depan Gemilang.

Seperti dilansir dari laman http://www.sultengprov.go.id/, acara ini juga dirangkai dengan kegiatan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dengan tema Wisuda XXV Santri Taman Kanak-Kanak (TK) / Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) BKPRMI.

“Ada tiga hal yang harus dilakukan pengurus DMI dan BKPRMI dalam pengelolaan masjid. Pertama, memperbaiki manajemen masjid agar lebih akuntabel dan transparan. Kedua, memakmurkan masjid dengan aktivitas spiritual dan sosial,” tutur Ramli pada Sabtu (16/1).

Ketiga, lanjutnya, adalah memelihara masjid dengan baik agar timbul daya tarik jamaah untuk datang ke masjid.

“Saya harap pengurus masjid punya pemahaman manajemen dan iptek yang baik disamping ilmu agama,” papar Ramli.

Dalam sambutanya, Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Sulteng, H. Mohammad Arif Latjuba, S.E., M.Si., berpesan agar DPW BKPRMI Provinsi Sulteng meningkatkan peran pemuda dan kiprah remaja masjid dalam rangka membendung bahaya kenakalan remaja.

“Caranya dengan mengajak generasi muda untuk mencintai dan memakmurkan masjid melalui kegiatan-kegiatan positif. Misalnya, dengan membina unit-unit Taman Pengajian Al-Qur’an (TPA) dan menghidupkan kesenian Islam, berdakwah, dan lainnya,” jelas Arif pada Sabtu (16/1).

Saat itu, H. Arif Latjuba memberikan sambutan mewakili Gubernur Provinsi Sulteng, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni M.Si., dan Ketua PW DMI Provinsi Sulteng, Drs. H. Baharuddin HT, M.Si.

Hadir pula Sekjen Dewan PP BKPRMI, Drs. H. Dindin Djamaludin, M.M., dan Ketua Umum BKPRMI Provinsi Sulteng, H. Muchtar Ibnu Mas’ud.

Penulis: muhammad Ibrahim Hamdani