DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyelenggarakan Pelatihan Penataan Kualitas Akustik Masjid di Indonesia pada Senin (26/9) hingga Kamis (30/9) di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan PT. TOA Galva Prima, Tbk.

Kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, antara lain dari tiga kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara: Kota Medan (tiga orang), Binjai (tiga orang), dan Kabupaten Batu Bara (tiga orang); serta tiga kabupaten di Provinsi Riau: Kabupaten Rokan Hilir (tiga orang), Kepulauan Meranti (tiga orang), dan Rokan Hulu (tiga orang).

Peserta lainnya berasal Provinsi Kepulauan Riau, yakni Kota Batam (dua orang) dan Kota Tanjung Pinang (dua orang); Kabupaten Batanghari (tiga orang), Provinsi Jambi; dan Provinsi Sumatera Selatan, yakni Kota Palembang (tiga orang), Ogan Ilir (tiga orang), Ogan Komering Ulu (OKU) Timur (dua orang).

Ada pula peserta yang berasal dari Provinsi Lampung, yakni Kabupaten Lampung Tengah (dua orang), Pesawaran (dua orang), dan Tulang Bawang (dua orang); Provinsi Sulawesi Utara, yakni Kota Manado (dua orang); dan Provinsi Sulawesi Tenggara, yakni Kabupaten Kolaka Timur (tiga orang) dan Kota Kendari (dua orang).

Beberapa peserta lainnya berasal dari Provinsi Gorontalo, yakni Kabupaten Gorontalo (dua orang); Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni Kabupaten Lombok Timur (dua orang); dan Provinsi Papua, yakni Kabupaten Jayapura (satu orang), Timika (satu orang), Kota Jayapura (satu orang); serta Provinsi Papua Barat, yakni Kabupaten Manokwari (dua orang).

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, saat ini para peserta sedang berlatih lagu Mars DMI. Sebelumnya, para peserta juga mengerjakan entry test (tes awal) untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta tentang hal-ihwal akustik (sound system).

Ada pula sharing session yang dipandu oleh perwakilan dari pengurus Pimpinan Daerah (PD) DMI Kabupaten Tulang Bawang, Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Papua, dan PW DMI Provinsi SUmatera Selatan (Sumsel), serta PW DMI Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Para peserta pun tampak sangat antusias mengikuti beragam rangkaian kegiatan yang berlangsung sangat dinamis ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani