DMI.OR.ID, BOGOR – Indonesia baru menyandang status sebagai negara kepulauan dan belum menjadi negara maritim. Padahal, Indonesia memiliki sumber daya kelautan yang sangat besar dan kaya.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), H. Irman Gusman, SE., MBA., menyatakan hal itu pada Rabu (29/8), seperti dikutip dari rilis DPD RI yang diterima DMI.OR.ID.

“Sebuah bangsa bisa dikatakan menjadi negara maritim jika telah mampu memanfaatkan kekayaan lautnya secara optimal sebagai sumber kesejahteraan dan kemakmuran negata dan rakyatnya, ” tutur Irman.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia sedang berjuang menuju negara maritim. DPD RI mendukung agenda pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim dunia yang jadi agenda dalam Nawa Cita.

Irman pun mengapresiasi upaya Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang maju. Apalagi IPB merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

“Saya mengapresiasi dan mendukung perjuangan IPB untuk kejayaan maritim Indonesia,” paparnya.

Ketua DPD RI itu dijadwalkan akan hadir dalam kegiatan Dies Natalis ke 52 IPB sekaligus menyampaikan orasi bertema Memajukan Maritim untuk Kejayaan Indonesia

Irman Gusman akan menyampaikan orasi dalam Sidang Terbuka yang dipompin langsung oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Hery Suhardianto. Acara ini akan dihadiri oleh 2.500 mahasiswa dan civitas akademika IPB serta bertempat di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB, Jalan Raya Darmaga, Bogor, pada Rabu (29/8).

Ketua Panitia Pelaksana Dies ke 52 IPB, Dr. Ir. Meika Syahbana Rusli, M.Sc, Agr., menyatakan panitia mengundang Ketua DPD RI mengingat lembaga negara ini concern dan fokus dalam memperjuangkan agenda-agenda maritim dan negara bahari.

“Kita ketahui bersama DPD RI merupakan pengusul inisiatif Rancangan Undang-Undang (RUU) Kelautan yang kini telah menjadi UU Kelautan,” tuturnya.

IPB, ungkapnya, mengapresiasi perjuangan DPD RI ini dan bersama seluruh kompinen bangsa akan terus berjuang mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang jaya, menuju masyarakat adil dan makmur.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani