DMI.OR.ID, TAKENGON – Tiga buah masjid di Dataran Tinggi Gayo telah diresmikan oleh Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, pada Sabtu (22/8). Ketiga masjid itu dibangun dari sumbangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Aceh yang terkumpul pasca gempa berskala 6,2 Skala Richter (SR) di Tanah Gayo pada Juli 2013 lalu.

Secara simbolik,Gubernur Aceh meresmikan ketiga masjid itu di halaman Masjid Baitul Marhamah, Kampung Baghie, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Dua masjid lainnya yakni Masjid Al-Muslim di Kecamatan Dedingin Kute Panang, Kabupaten Aceh Tengah, dan Masjid Al Hidayah di Kampong Cekal, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah.

Seperti dilansir dari laman www.aceh.tribunnews.com, Gubernur yang akrab disapa Abu Doto ini berpendapat ketiga masjid memiliki desain yang baik dan modern.

“Keindahan dan kemegahan masjid-masjid ini hedaknya disertai dengan banyaknya jama’ah yang turut aktif memakmurkan masjid. Jadikan masjid sebagai episentrum¬†(titik pusat) untuk membersihkan hati dan jiwa serta tegakkan sholat berjama’ah setiap waktu,” ungkapnya pada Sabtu (22/8).

Gubernur Zaini juga mengajak masyarakat untuk menjadikan masjid sebagai media centre (pusat media) guna menyebarkan semangat hidup damai di Aceh. Bersama segenap elemen ummat, mari rapat dan satukan saf (barisan) melalui masjid. Hal ini penting untuk mesegera mewujudkan masa depan Aceh yang lebih baik.

“Adapun total dana yang terhimpun dari seluruh PNS ialah sebesar Rp 1 miliar 119 juta 365 ribu, Adapun dana sumbangan dari Yayasan Dana Gotong Royong Jakarta sejumlah Rp 116 juta. Pemerintah Aceh juga mengalokasikan total anggaran sebesar Rp 4,6 miliar untuk ketiga masjid itu, sejak 2014-2015, melalui Dinas Cipta Karya,” jelasnya.

Menurutnya, pembangunan ketiga masjid itu sudah dimulai sejak Oktober 2013 lalu sehingga pembangunannya telah rampung dan saat ini siap digunakan.

Menanggapi peresmian ini Bupati Aceh Tengah, Ir. Nasharuddin, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada GUbernur Zaini Abdullah. “Terima kasih banyak Pak Gubernur, semoga Allah SWT membalas amalan baik itu,” ucapnya.

“Atas nama masyarakat Aceh Tengah, kami menghaturkan terima kaish banyak, semoga Allah membalas amalan baik ini,” tuturnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani