DMI.OR.ID, JAKARTA – Sebagai satu-satunya agama yang sempurna dan diridhloi oleh Allah Subhanahu Wata’ala (SWT), cahaya dan kebenaran Islam semakin terlihat nyata dalam karakter kepemimpinan ideal Muslim yang berlaku universal.

Rasulullah SAW bersabda ada empat karakter kepribadian seorang pemimpin atau khalifah, yakni shiddiq (jujur), amanat (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan) dan fathonah (cerdas).

Bahkan empat karakter kepribadian ideal seorang pemimpin ini juga diakui kebenarannya oleh Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M., meskipun beliau seorang non-Muslim.

“Pejabat itu harus terus dido’ain oleh rakyatnya, kalau tidak maka pejabat itu tidak akan bisa berperilaku dan berkarakter shiddiq, amanat, tabligh, dan fathonah. Firman Tuhan itu bisa membuat orang menjadi benar,” tutur Gubernur yang akrab disapa Ahok pada Jumat (18/12) siang di Balai Agung, Balaikota Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Tepatnya, dalam acara Pembukaan Musyawarah Wilayah VII Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta Sekaligus Pelepasan Jamaah Umroh Marbot Binaan DMI Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Gubernur Ahok juga berharap peningkatan kemampuan dan keahlian marbot masjid sekaligus menjadi khatib dan penceramah. Misalnya, marbot menyampaikan kepada para jama’ah agar tidak berjualan di sembarang tempat, tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak merusak fasilitas umum dalam aksi demonstrasi.

“Mana ada agama yang ngajarin orang menjadi tidak baik. Semua agama mengajarkan kebaikan. Harapan saya, marbot masjid bisa mengajak orang menjadi baik. Misalnya, ajakan untuk tidak berjualan di sembarang tempat, tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak merusak fasilitas umum dalam aksi demonstrasi,” ungkapya.

Dalam acara ini, turut hadir Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si, yang juga memberikan sambutan mewakili Ketua Umum PP DMI, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla.

Hadir pula Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H. Andi Mappaganty, MM., yang juga Ketua Dewan Pakar PW DMI Provinsi DKI Jakarta. Adapun pembaca do’a ialah Ketua PW DMI DKI Jakarta, KH. Noor Syuaib Munzir, S.H., M.A.

Ketua Umum PW DMI Provinsi DKI Jakarta, Drs. KH. Thobroni, M.Ag., juga hadir sekaligus memberikan kata sambutan. Hadir pula sekitar 50 fungsionaris dan pengurus DMI Provinsi DKI Jakarta serta 40 marbot masjid yag akan berangkat umroh pada akhir tahun 2015.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani