DMI.OR.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Juri Masjid Agung/ Besar Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2016, Prof. Dr. KH. Ahmad Satori Ismail, M.A., telah mengumumkan 24 masjid yang berhasil meraih penghargaan Masjid Agung/ Besar Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2016 dalam berbagai kategori pada Selasa (13/12/16) di Hotel Lumire, Jakarta

Seperti dikutip dari laman www.republika.co.id, terdapat 24 masjid yang berhasil meraih penghargaan Masjid Agung/ Besar Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2016, yakni 12 masjid Agung untuk tingkat kabupaten dan 12 Masjid Besar untuk tingkat kecamatan.

Untuk tingkat kabupaten, tiga masjid terbaik yang meraih peringkat pertama sebagai Masjid Agung Percontohan Paripurna Tingkat Nasional Tahun 2016 ialah Masjid Agung Madani di Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Sedangkan peringkat kedua diraih Masjid Agung Baiturrahman di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Adapun peringkat ketiga diraih oleh Masjid Agung Dr. Wahidin Sudirohusodo di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lalu, peringkat pertama untuk kategori Masjid Agung Percontohan Bidang Idarah (Manajemen) di kabupaten diraih oleh Masjid Kabupaten Sidenreng Rappang di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sedangkan Peringkat Kedua diraih oleh Masjid Agung Nurul Falah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lalu peringkat ketiga diraih oleh Masjid Agung Baitul Hikmah di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kemudian, peringkat pertama untuk kategori Masjid Agung Percontohan Bidang Imarah (Peribadatan) Tingkat Nasional Tahun 2016 diraih oleh Masjid Agung Baitussalam di Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Sedangkan peringkat kedua diraih oleh Masjid Agung Al-Mukarrom di Kabupaten Pangkalanbun, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Adapun peringkat ketiga dirah oleh Masjid Nurul Huda di Provinsi Bali. Sementara peringkat pertama untuk kategori Masjid Agung Percontohan Bidang Riayah (Perawatan dan Pemberdayaan) Tingkat Nasional Tahun 2016 diraih oleh Masjid Agung Sibolga di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut).

Sedangkan Peringkat kedua diraih oleh Masjid Agung Brebes di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng). Adapun peringkat ketiga diraih oleh Masjid Agung An Nur di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani