DMI.OR.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Juri Masjid Agung/ Besar Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2016, Prof. Dr. KH. Ahmad Satori Ismail, M.A., telah mengumumkan 12 Masjid Besar Percontohan Tingkat Nasional Tahun 2016 pada Selasa (13/12/16) di Hotel Lumire, Jakarta. Masjid Besar merupakan masjid di level kecamatan, sedangkan masjid agung di level kabupaten.

Kiai Ahmad Satori mengumumkan hal ini dalam kegiatan bertajuk Masjid Berkualitas dan Modernisasi Layanan Informasi Keagamaan Berbasis Sistem Informasi Masjid (Simas). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemeng) RI dan mengambil tema: Wujudkan Masjid Berkualitas Menuju Peradaban Umat.

Seperti dikutip dari laman http://www.kemenag.go.id, peringkat pertama untuk kategori Masjid Besar Percontohan Paripurna Tingkat Nasional Tahun 2016 diraih oleh Masjid Sabilillah, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim). Sedangkan peringkat kedua diraih oleh Masjid Al-Hidayah di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Adapun peringkat ketiga diraih oleh Masjid Jami’ Banjarmasin di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Lalu peringkat pertama untuk kategori Masjid Besar Percontohan Idarah (Manajemen) Tingkat Nasional Tahun 2016 diraih oleh Masjid Jogokariyan di Kecamatan Mantrirejon, Kota Yogyakarta,Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Peringkat kedua diraih oleh Masjid Nurul Amin Empagae di Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan(Sulsel). Sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Masjid Baiturrahman Sungayang di Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar).

Kemudian, peringkat pertama untuk kategori Masjid Besar Percontohan Imarah (Peribadatan) Tingkat Nasional Tahun 2016 diraih oleh Masjid Jami’ An-Nur’ain di Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng). Sedangkan peringkat kedua diraih oleh Masjid Syiarul Islam di Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Adapun peringkat ketiga diraih oleh Masjid Nurul Iman di Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Sementara peringkat pertama untuk kategori Masjid Besar Percontohan Ri’ayah (perawatan/ pemberdayaan) Tingkat Nasional Tahun 2016 diraih oleh Masjid Bujang Salim di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

Sedangkan peringkat kedua diraih oleh Masjid Asmaul Husna di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten. Adapun peringkat ketiga diraih oleh Masjid Baitul Makmur di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani