DMI.OR.ID, JAKARTA – Innalilahi wa innalillahi rooji’un, segenap keluarga besar dan Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya almarhum Dr. H. Ahmad Sayuti Anshori Nasution, MA, pada Jumat (20/11) siang, Pukul 12.30 WIB.

Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit (RS) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel). Rumah duka almarhum beralamat di Jalan Kertamukti Nomor 12, tepatnya di seberang Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah atau Pusat Studi Qur’an Lentera Hati.

Semasa hidupnya, almarhum menjabat sebagai Lektor Kepala Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat. Almarhum juga pernah menjabat Rais A’am Syuriah Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Nahdlatul Ulama (NU) Sudan periode 2000-2001.

Almarhum juga seorang suami dari anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr. Hj. Faizah Syibromalisi. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala (SWT) menerima seluruh amal ibadah almarhum, mengampuni seluruh kekhilafannya dan memberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiin Yaa Robbal A’lamin.

Ucapan Bela Sungkawa yang sedalam-dalamnya juga mengalir dari Segenap Pengurus Pusat (PP) Ittihad Mudarrisil Lughah Al-Arabiyyah (IMLA) atau Ikatan Pengurus Bahasa Arab Se-Indonesia. 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارْ“

“Ya Allah, Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es.

Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka”.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani