DMI.OR.ID, PALEMBANG – Innalillahi wa innalillahi Rooji’un, telah meninggal dunia almarhum Drs. KH. Toto Tasmara, seorang muballigh dan ulama asal Ciamis, pada Selasa (8/12) pagi di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Piminan Pusat (PP) Korps Muballigh Dewan Masjid Indonesia (DMI), Muhammad Rumi Iqbal, menyatakan hal itu dalam rilisnya kepada DMI.OR.ID, Selasa (8/12) sore.

“Saat ini, keluarga almarhum KH. Toto Tasmara sedang mengupayakan pemulangan jenazah kembali ke Jakarta. Insya Allah, nanti malam jenazah akan tiba di rumah duka sekitar Pukul 21.00 WIB, tepatnya di Jalan Flamboyan Raya, Blok A1 Nomor 7, Puri Flamboyan, Rempoa, Jakarta Selatan,” tutur Iqbal pada Selasa (8/12) sore.

Pendiri perusahaan konsultan sumber daya manusia (SDM) Laboratory for Management and Mental Development (Labmend) ini, lanjut Iqbal, rencananya akan dimakamkan pada Rabu (9/12) di Jakarta.

Segenap keluarga besar dan Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) turut berduka cita atas wafatnya almarhum Ustadz TotoTasmara. Almarhum juga dikenal sebagai pendiri Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Badan Koordinasi Muballigh se-Indonesia (Bakomubin).

Semoga almarhum yang pernah menjabat Corporate Secretary PT. Humpuss ini khusnul khotimah, diterima seluruh amal ibadahnya dan diampuni seluruh kekhilafannya, Aamiin Yaa Robbal A’lamiin.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارْ“

“Ya Allah, Ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es.

Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik daripada pasangannya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka”.

Penulis: muhammad Ibrahim Hamdani