DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menyelenggarakan Toko Baitul Pangan di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), khususnya Kota Jakarta Selatan (Jaksel), sebagai program percontohan (pilot project).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, menyatakan hal itu pada Jumat (2/6) siang di Masjid Istiqlal, Jakarta, dalam sambutannya di acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Buog dengan DMI untuk mewujudkan Stabilitas Harga Pangan Nasional Berbasis Masjid.

“Insya Allah untuk pilot project, akan diselenggarakan terlebih dahulu di Jabodetabek, khususnya di Kota Jaksel, kemudian ke dean, akan diselenggarakan secara masif di masjid-masjid di seluruh Indonesia. Semoga ikhtiar kecil dari para Pemakmur Masjid di selurh Indonesia mendapat ridha Allah SWT dan dimudahkan jalannya,” tutur Imam pada Jumat (2/6) siang.

Menurutnya, Toko Baitul Pangan dapat mengajak musyawarah para pemilik warungdi sekitar masjid untuk bisa membeli kebutuhan bahan-bahan pokok (sembako) di Toko Baitul Pangan karena harganya adalah Harga Pembelian Pemerintah (HPP) dari Bulog.

“Tentu harus dengan penjanjian bahwa warung-warung di sekitar masjid itu hanya dapat menjual maksimal dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang diedarkan oleh Bulog. Harga jualnya tidak boleh melebihi HET. Saatnya memakmurkan dan dimakmurkan masjid,” ungkapnya.

Dalam pertemuan ini, turut hadir, Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida, anggota Departemen Pengembangan Ekonomi Umat (PEU) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) PP DMI, Ir. H. Sugiono, S.E., dan Anggota Departemen Dakwah dan Pengkajian PP DMI, H. Imam Turmudi, S.Ag., serta Sekretaris PW DMI DKI Jakarta, H. Zulfajri, S.Pd.I.

Turut hadir Sekretaris dan Wakil Sekretaris Pimpinan Daerah (PD) DMI Kota Jakarta Selatan (Jaksel), Drs. Edy KS , dan Ir. H. Rahadi Mulyanto.

Sedangkan dari Perum Bulog, hadir pula Kepala Divisi Penjualan Langsung Perum Bulog, Suharto Djabar, dan Kepala Sub Divisi (Kasubdiv) Pemasaran Penjualan Langung Perum Bulog, Dedi Sabetra, serta beberapa pengurus lainnya.

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MoU ini, telah diselenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Final untuk program Toko Baitul Pangan dan Pasar Murah Bulog Berbasis Masjid di Masjid al-Ikhlash, Jati Padang, Kota Jaksel pada Selasa (6/6) siang.

Agenda pertemuan ialah Penetapan Final Waktu Pasar Murah dan Pengisian Form pengajuan ke Bulog. Acara ini dihadiri oleh perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dari 11 masjid se-kota Jaksel ditambah pengurus DKM dari wilayah Kota Jakarta Barat (Jakbar) dan Kota Tangerang.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani