DMI.OR.ID, JAKARTA – Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah selenggarakan kegiatan Muhammadiyah Expo 2015 pada 28-31 Mei 2015 di Pelataran Timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Kegiatan Muhammadiyah Expo ini merupakan rangkaian acara Pra-Muktamar Muhammadiyah ke-47 yang akan diselenggarakan di Makassar, 3-7 Agustus 2015 mendatang. Kegiatan ini akan menampilkan aneka ragam Festival Kuliner dan Kerajinan Tradisional.

Beberapa kesenian tradisional dan modern juga akan tampil di depan publik, termasuk atraksi pancak silat oleh Pimpinan Pusat (PP) Tapak Suci, Tari Selamat Datang dari Dinas Pariwisata Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, dan alat musik gamelan dari Sari Nurlaras Gamelan, Rumah Sakit Islam (RSI) Jakarta.

Mantan Ketua umum PP muhammadiyah, Prof. Dr. H. Amien Rais, juga dijadwalkan mengisi taushiyah dalam acara ini, tepatnya setelah kata sambutan dari Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, DR. Zulkifli Hasan, SE, MM, Menteri Perekonomian RI, Dr. H. Sofyan A. Djalil, dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat, Hj. Mufidah Jusuf Kalla.

Keatua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Din Syamsuddin, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah DKI Jakarta, Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd, dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, serta Ketua Panitia, Ir. Hj. Jaorana Amiruddin, M.Si, dijadwalkan juga akan memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Keluarga Besar Muhammadiyah dan Umum juga akan menampilkan Kreasi Seni Budaya dan sejumlah hiburan serta mendirikan sejumlah stand pameran.

Acarajuga didukug oleh sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kementerian maupun perusahaan swasta, seperti PT. Pertamina, Tbk, Perusahaan gas Negara, PT. PLN, PT. PELINDO I, PT. Antam, Tbk, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS) Kesehatan, PT. Kimia Farma, Tbk, PT. Biofarma, PT. Adhi Katrya, PT. Nindya Karya, dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

Dukungan acara juga datang dari PT. Al-Azhar Memorial Garden, PT. Mustika Ratu, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Kesehatan.serta Kementerian Perdagangan.

Ketua Panitia Muhammadiyah Expo 2015, Ir. Hj. Jaorana Amiruddin, menyatakan kegiatan ini juga akan menyajikan karya-karya Amal Usaha Muhammadiyah, baik yang bergerak dalam bidang pendidikan maupun kesehatan.

“Kegiatan  Muhammadiyah Expo ini akan menghadirkan karya-karya amal usaha Muhammadiyah seperti dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), UHAMKA, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ahmad Dahlan, STIE Muhammadiyah Jakarta, STIE Muhammadiyah Jambi, RS Islam Jakarta, RS Sukapura Jakut dan RS Islam Pondok Kopi,” tutur Jaorana dalam Konferensi Pers pada Jum’at (22/5) di Kantor Pp Muhammadiyah,, Jakarta.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani