DMI.OR.ID, BENGKULU UTARA – Jajaran Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Bengkulu bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu menyelenggarakan kegiatan bertajuk Safari Dakwah Ke Pulau Terluar, tepatnya di Pulau Enggano,Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu.

Seperti dikutip dari laman https://bengkulu.kemenag.go.id/, Rombongan tim dakwah ini berjumlah 56 orang yang dipimpin langsung oleh Kepala bidang (Kabid) Urusan Agama Islam (Urais) dan Pembinaan Syariah (Binsyar) Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Herman Yatim,M.M., yang juga Ketua PW DMI Provinsi Bengkulu.

Turut hadir dalam safari dakwah para pejabat Kanwil Kemenag serta jajaran PW DMI Provinsi Bengkulu. Tim Safari Dakwah juga menyelenggarakan Tabligh Akbar dan Gerakan Menanam Seribu Batang Pohon untuk penghijauan di Pulau Enggano.

Dalam rilisnya, Ustaz Herman menyatakan bahwa misi safari dakwah adalah menjadikan Pulau Enggano sebagai destinasi wisata nasional yang religius. Hal ini sejalan dengan wacana pemerintah untuk menjadikan Pulau Enggano sebagai aset wisata nasional.

“Dengan adanya wacana pemerintah untuk menjadikan pulau enggano sebagai aset wisata nasional, maka masyarakat Enggano harus siap menghadapi tantangan ke depan baik dalam hal aqidah, akhlak, pertumbuhan ekonomi, dan perambahan hutan,” tutur Herman.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pemerintah terhadap Pulau Enggano,yakni kondisi geografis alam, pariwisata, kerukunan umat beragama, dan sosiologi kemasyarakatan pulau Enggano.

“Hal-hal ini harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah ke depan. Jadi, misi safari dakwah adalah menjadikan pulau Enggano sebagai wisata nasional yang religius,” ujar Herman.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani