DMI.OR.ID, MAKASSAR – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, meresmikan Masjid Athirah pada Sabtu (16/1). Masjid ini terletak di Pondok Pesantren (Ponpes) Putri Ummul Mukminin Aisyiyah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), Makassar.

Seperti dikutip dari laman www.antaranews.com, hal yang istimewa dari masjid ini adalah namanya yang sama dengan ibunda Wapres Kalla, Hj. Athirah. Wapres Kalla juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah setempat, pengelola masjid dan masyarakat di sekitarnya.

Masjid Athirah ini dibangun dengan menghabiskan dana sebesar lebih dari Rp4 miliar dan bersumber dari sumbangan orang tua santri, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, dan keluarga Wapres Kalla.

“Saya berterima kasih luar biasa karena masjid ini memakai nama ibunda saya, Athirah, yang berarti keharuman. Mudah-mudahan memberi keharuman bagi kita semua,” tutur Wapres Kalla pada Sabtu (16/1) di Makassar, Sulsel.

Menurutnya, hal paling penting dari masjid Athirah ialah bagaimana peran dan fungsi masjid dalam meningkatkan amal ibadah dan silaturahim  ummat.

“Mari kita semua meningkatkan amal ibadah kita dan doakan ananda santriwati semua yang menuntut ilmu disini. Apalagi, pendidikan menjadi modal utama dalam hidup,” papar Wapres Kalla.

Wapres Kalla juga sempat bernostalgia tentang ibundanya yang dahulu sering mengikuti pengajian di Aisyiyah. Ia juga merasa bersyukur Ponpes ini memiliki banyak santri

“Saya juga merasa bersyukur pesantren ini banyak santri, jadi tentu butuh dana besar. Saya dan Gubernur pasti akan mendukung. Ada adik saya, Ramlah, yang akan tanggung jawab di sini, apalagi ini nama ibunda kita,” ungkapnya

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani.