DMI.OR.ID, JAKARTA – Persatuan dan kesatuan Republik Indonesia (RI) yang masih bertahan hingga kini merupakan anugerah dan ma’unah (pertolongan) yang luar biasa dari Allah SWT. Alhamdulilah, Indonesia dianugerahi kebhinekaan dan keberagaman yang luar biasa oleh Allah SWT.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., menyatakan hal itu pada Selasa (29/3) pagi, saat memberikan materi sosialisasi tentang empat pilar Republik Indonesia (RI) di Gedung Nusantara V Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Tepatnya, dalam acara bertajuk Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dalam Rangka Pelantikan Pengurus Baru DMI Kota Jakarta Selatan. Keempat pilar itu ialah Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Indonesia memiliki sekian ribu pulau dengan etnik, budaya dan agama yang berbeda-beda, termasuk agama lokal yang tidak ada di belahan dunia mana pun. Anugerah dan ma’unah dari Allah SWT ini sungguh luar biasa,” papar Kiai Masdar yang juga anggota Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Menurutnya, bangsa Indonesia harus bersyukur kepada Allah SWT karena tidak mengalami konflik berdarah-darah seperti yang terjadi di negara-negara Islam lainnya di Timur Tengah. “Kita tentu bertanya-tanya  kenapa di sana justru mengalami nasib seperti itu (konflik berlarut-larut). Kita tidak tahu penyebabnya. Mudah-mudahan badai itu cepat berlalu,” ungkapnya.

Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini pun bersyukur Indonesia masih stabil dan aman hingga kini. Sebagai negara berpenduduk mayorutas Muslim terbesar di dunia, hal ini patut disyukuri.

“Kondisi ini semakin mengokohkan potensi Indonesia sebagai Imam yang mampu membawa keadaban dan kejayaan dunia Islam pada umumnya. Indonesia juga memiliki sumber daya ekonomi dan politik serta sumber daya alam yang luar biasa besarnya,” jelas Kiai Masdar.

Menurutnya, dunia Islam membutuhkan satu Imam yang paling jeas memiliki sumber daya ekonomi dan politik. Saat ini, yang paling berpotensi adalah Indonesia. “Negeri ini tidak hanya memiliki minyak bumi, tetapi juga memiliki beragam sumber daya alam lainnya,” ucapnya.

Dalam acara ini Ketua Pimpinan WIlayah (PW) DMI Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Drs. KH. Ma’mun Al-Ayyubi, secara langsung telah melantik PD DMI Kota Administrasi Jaksel.

Pelantikan ini juga disaksikan oleh Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A. Adapun Ketua PD DMI Kota Administrasi Jaksel ialah KH. Sanusi Haji Dahlan (HD), dengan Sekretaris Drs. H. Eddy KS.

Usai pelantikan, Wakil Ketua MPR RI, Ustaz Hidayat, bersama Waketum PP DMI, Kiai Masdar, secara bergantian memberikan materi sosialisasi empat pilar kepada lebih dari 200 peserta yang mewakili masjid-masjid dan PD DMI Kota Administrasi Jaksel.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kedua pemateri memberikan tinjauan umum tentang empat pilar Indonesia dari kacamata pondok pesantren, fiqh, dan Islam. Secara umum, dibahas juga tentang konsep Hak Asasi Manusia (HAM) dalam

Dalam kesempatan ini, para peserta juga diberi kesempatan untuk mengajukan sejumlah pertanyaan sehingga diskusi berjalan sangat dinamis. Beragam hal tentang empat pilar Indonesia dibahas secara mendalam dan komprehensif dalam seminar ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani