DMINEWS, MEDAN – Komunitas Kampung Clan selenggalarakan konser Alquran di masjid Al-Jihad, Jalan Abdullah Lubis, Medan, pada Sabtu (18/4).

Ketua penyelenggara Konser Alquran, Abdul Razab, menyatakan hal itu pada Sabtu (18/4), seperti dilansir laman http://www.koran-sindo.com/

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan dan bertujuan meningkatkan minat masyarakat, terutama anak muda, untuk membaca Alquran. Tujuan lainnya ialah membumikan dan memperkenalkan Alquran kepada semua kalangan,” tutur Abdul Razab pada Sabtu (18/4).

Konser Alquran ini, lanjutnya diselenggarakan atas kerja sama dengan beberapa komunitas seperti Indonesia Tanpa JIL (Jaringan Islam Liberal), Solidaritas Peduli Jilbab (SPJ) Medan, dan Komunitas Mahasiswa Islam Mikroskil Medan.

“Konser Alquran ini mengambil tema ‘Mudzakarah Tilawatil Quran’ dan langsung memperdengarkan qori dan qoriah yang membaca Alquran,” ungkapnya.

Bahkan, panitia juga menghadirkan qori dan qoriah yang sudah ‘go’ (level) international. Misalnya Rika Harnita, seorang qori’ah yang seringkali menjuarai Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di tingkat nasional dan internasional. .

“Terkadang untuk menumbuhkan minat anak muda mengenal dan membaca Alquran, harus didukung kegiatan seperti ini. Kami membuat event ini dengan harapan bisa menjadi penyemangat generasi muda untuk membaca Alquran,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, ada juga Darwin Hasibuan, yang menjadi dewan juri MTQ di Medan dan sering menjuarai MTQ tingkat nasional dan internasional.

“Kami sengaja mendatangkan qori dan qoriah yang sudah sering menjuarai MTQ. Harapannya, masyarakat yang hadir termotivasi untuk bisa mengikuti jejak para qori dan qoriah. Mereka juga bisa belajar seni membaca Alquran,” paparnya.

Kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan, sebagai metode baru pengenalan bagaimana membaca Alquran dengan benar. “Kalau semangat baca dan kenal Alquran, maka diharapkan bisa mencintai Alquran,” pungkasnya.

 

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Keterangan Foto: Sejumlah Jama’ah putri mengikuti kegiatan Konser Alquran di masjid Al-Jihad, Medan.