Ide-ide segar dari seluruh jamaah di masjid akan membuat masjid menjadi kaya ide dan gagasan segar. Dari sini, akan berkembang pemikiran dan kegiatan yang dapat berguna bagi jamaah, bahkan bagi masjid lain. Jadi, sangat bagus bila pengurus masjid melibatkan jamaah dari sisi pemikiran.

Misalnya, jamaah diminta menulis pendapatnya untuk kemajuan masjid dan kemakmuran bersama, lalu mereka masukkan kertas tulisan itu di kotak saran yang sudah disediakan.

Langkah ini bisa juga dilakukan melalui Short Message Service (SMS), Whats App (WA), Black Berry Messenger (BBM), hingga menyampaikan langsung kritik dan saran kepada pengurus.

Hal yang lebih bagus lagi, pengurus masjid dapat dengan sengaja mendatangi jamaah, lalu meminta masukan, kritik dan saran. Pengurus masjid Harus menggali pemikiran mereka untluk kemajuan masjid dan jamaahnya.

Adapun hal yang sangat positif dari pelibatan pemikiran adalah jamaah merasa dihargai dan akan turut aktif memikirkan upaya-upaya peningkatan pemakmuran masjid. Dari sini, mereka akan merasa bertanggungjawab untuk memakmurkan masjid.

Penulis: Ustaz H. Ahmad Yani

Ketua Departemen Dakwah dan Pengkajian Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI)

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani