DMI.OR.ID, ACEH BESAR – Masjid Cotgoh yang terletak di Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara bertajuk Pertemuan Umat Islam se-Indonesia pada Jumat (20/5) hingga Selasa (24/5).

Seperti dikutip dari laman http://aceh.tribunnews.com/ Bupati Aceh Besar, H. Mukhlish Basyah, S.Sos., mengajak seluruh umat Islam di Aceh Besar untuk bersama-sama menyukseskan pertemuan antara ulama dan umat Islam se-Indonesia ini.

“Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan di Masjid Cotgoh pada Jumat (20/5) hingga Selasa (24/5), serta dihadiri ribuan ulama dan ummat Islam, termasuk dari sejumlah negara di dunia. Untuk itu, mari kita duduk bersama menyatukan pikiran dan langkah terbaik untuk menyukseskan acara persaudaraan dan silaturrahmi Islam itu,” papar Mukhlish pada Jumat (22/4).

Tepatnya, saat Bupati Aceh Besar bersilaturrahmi dengan masyarakat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), dan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Besar untuk meninjau kesiapan masyarakat setempat dalam menggelar kegiatan keagamaan ini.

Silaturrahmi, lanjutnya, merupakan ibadah yang sangat agung, mudah, dan membawa berkah. Kaum muslimin hendaknya tidak meninggalkan silaturahmi sehingga perlu meluangkan waktu untuk melaksanakan amal shalih itu.

“Apalagi sekarang demikian banyak dan mudahnya alat transportasi dan komunikasi sehingga dapat menambah semangat kaum muslimin untuk semakin memperbanyak silaturahmi. Dengan silaturahmi, umat Islam dapat menyempurnakan rasa cinta dan interaksi sosial antara umat manusia,” paparnya.

Menurutnya, silaturahmi juga menjadi dalil dan tanda kedermawan serta ketinggian akhlak seseorang. Ia pun berharap agar masyarakat Montasik dapat memberikan contoh yang baik kepada puluhan ribu jama’ah yang akan datang dari luar Aceh dan mancanegara. “Hal ini penting karena kita adalah tuan rumah penyelenggara peretemuan umat Islam se-Indonesia.

“Dalam ajaran Islam, persaudaraan atau ukhuwwah itu sangat penting dan mendapatkan perhatian sungguh-sungguh dalam perjuangan Rasulullah Muhammad SAW,” ungkapnya.

Ketua panitia penyelenggara, Tgk. H. Zainun, menyatakan pertemuan ummat Islam se-Indonesia dan dari berbagai negara ini akan diikuti lebih dari 30 ribu umat Islam. “Mari kita dukung dan sukseskan kegiatan ini,” ajaknya kepada masyarakat Montasik.

“Tahun lalu, kegiatan serupa juga telah sukses dilaksanakan di Masjid Cotgoh ini dan dihadiri belasan ribu umat Islam dari berbagai negara,” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani