DMI.OR.ID, BANTUL – Masyarakat di kawasan Plumbon, Kelurahan Gedongkuning, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, akan segera memiliki masjid baru bernama Umar Al-Faruq.

Masjid itu masih dalam tahap pembangunan, bahkan saat libur, masyarakat sekitar tampak melakukan kerja bakti untuk menyelesaikan bangunan masjid itu. Infak dan donasi pun terus dibuka oleh panitia pembangunan Masjid Umar Al-Faruq.

Upaya pendirian masjid ini tidak lepas dari peranan sivitas akademia Pondok Pesantren Tahfidz (PPT) Qurrota A’yun yang berlokasi di wilayah itu. Pengelola PPT Qurrota A’yun, Fajarudin, menyampaikan nomor rekening yang tersedia untuk infaq dan donasi pembangunan masjid.

”Bantuan dana dapat diselaurkan via rekening Bank BNI Syariah cabang Yogyakarta nomor 0188669602, atas nama Tofandi. Info detail, kunjungi www.masjidumaraf.blogspot.com,” ungkapnya seperti dikutip dari laman www.koran-sindo.com.

Sejak 2013 silam, lanjutnya, sebagian besar santri-santri PPT Qurrota A’yun pindah lokasi belajar ke sebelah barat Kelurahan Gedongkuning atau di sebelah utara Kebun Binatang Gembiraloka. Awalnya, lokasi ini cukup jauh dari masjid.

Apalagi ummat Islam di sekitar lokasi itu lebih sering menjalankan ibadah salat di rumah. Berdasarkan kondisi itu, muncullah gagasan untuk membangun masjid Umar Al-Faruq.

“Sejak 2014 silam, PPT Qurrota A’yun mulai menyelenggarakan kelas tahfidz (penghafal Alquran) yang hingga saat ini diikuti lebih dari 100 santri.,” jelasnya.

Pembangunan masjid ini telah dimulai sejak 2014 silam dan bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar terhadap masjid. Segenap civitas PPT Qurrota A’yun pun memindahkan kelas tahfidz dan pusat kegiatan dakwah ke tempat yang terbuka.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani