DMI.OR.ID, JAKARTA – Sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional (MN) XIV, Universitas Indonesia (UI) akan menampilkan tiga dimensi pemahaman Al-Qur’an dalam bentuk audio dan visual saat acara pembukaan MTQMN XIV pada Sabtu (1/8) malam.

Koordinator acara MTQMN XIV, Dr. H. Abdul Muta’ali, MA, MIP, yang juga Direktur Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam (PKTTI) UI, menyatakan hal itu pada Kamis (23/7) siang, saat diwawancarai DMI.OR.ID di kampus UI, Depok.

“Dimensi pertama adalah Al-Qur’an sebagai kitab suci ummat Islam yang teks-nya tetap namun maknanya bergerak terus sesuai perkembangan zaman. Dalam MTQMN XIV ini, tentu yang dibaca dan disajikan adalah kitab suci Al-Qur’an,” tutur Abdul Muta’ali pada Kamis (23/7) siang.

Maknanya, lanjut Muta’ali, agama Islam adalah kebenaran yang tepat dan hakiki, serta dapat berakselerasi dengan budaya di negeri, bangsa dan tanah air manapun, dimanapun dan kapanpun.

“Al-Qur’an itu ibarat roda di dalam mobil yang terus berputar namun tetap berada di dalam as roda, tidak keluar dari as-nya,” paparnya.

“Dimensi kedua ialah Islam Nusantara yang disimbolkan dengan bedug. Saat belum ada speaker, sound system, atau pengeras suara modern lainnya, takmir masjid memanggil orang-orang jama’ah untuk datang ke masjid melaksanakan sholat berjama’ah dengan suara bedug,” jelasnya.

Menurutnya, bedug merupakan produk culture (budaya) Indonesia asli yang telah bersentuhan dengan agama Islam. Panitia ingin menampilkan sisi-sisi budaya yang telah berakselerasi dengan Islam yang disebut Islam nusantara. “Bedug merupakan bentuk syiar (kampanye) tentang Islam nusantara,” ujarnya.

“Dimensi ketiga adalah agama Islam yang bisa berakselerasi dan berkolaborasi dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dunia modern dan peradaban manusia. Dimensi ini terwakili dalam bentuk visualisasi, digitalisasi dan komputerisasi berbasis teknologi audio visual,” ungkapnya.

Dengan menampilkan tiga dimensi pemahaman Al-Qur’an dalam acara nanti, pengamat Timur Tengah dan Islam ini merasa optimis MTQMN XIV dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada seluruh stakeholder (para pihak) yang terlibat, khususnya bagi sivitas akademika UI.

Panitia MTQMN XIV di kampus UI juga berupaya memadukan berbagai macam sumber daya kemahasiswaan untuk terlibat aktif dalam mensukseskan acara, baik di bidang seni, keamanan maupun keagamaan.

Berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) di bidang seni pun turut aktif di dalam MTQMN XIV ini seperti Marching Band Madah Bahana (MB) UI, Paduan Suara Paragita UI, Orkestra Mahawaditra UI, dan Liga Tari Krida Budaya UI. Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan grup Marawis dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Beberapa UKM di bidang keagamaan juga terlibat aktif seperti Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM) UI, PKTTI UI, Forum Remaja Masjid UI, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ukhuwah Islamiah UI.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani