DMI.OR.ID, DEPOK – Berbagai kejutan menarik dan fenomenal mewarnai acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV yang diselenggarakan di kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, pada Sabtu (1/8) malam.

3.000 mahasiswa baru (maba) UI tahun 2015, dengan penuh semangat memekikkan Takbir “Allahu Akbar” sebanyak tiga kali, dipimpin langsung oleh Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ MN XIV, Dr. H. Arman Nefi, SH, MH, yang juga Direktur Kemahasiswaan UI, saat memberikan sambutan resminya.

“Izinkan saya memimpin takbir sebanyak tiga kali. Kalau saya bilang takbir, rekan-rekan maba segera pekikkan Allahu Akbar. Takbir! Takbir! Takbir!,” seru Arman dengan penuh semangat dalam kata sambutannya, Sabtu (1/8) malam di Balairung UI.

Ibarat gayung bersambut, seruan takbir sebanyak tiga kali pun segera diiikuti dengan pekik Allahu Akbar sebanyak tiga kali. Gemuruh takbir pun turut menggetarkan balairung UI dan para hadirin yang menengarnya.

Kejutan lainnya hadir ketika Rektor Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan tujuh model bacaan yang berbeda-beda (Qiro’ah Sab’ah), bersama dengan Ketua Dewan Hakim MTQMN XIV, Prof. Dr. KH. Said Aqil Husin Al-Munawar, M.A., dan pemenang MTQ Internasional di Iran pada 2003, Dr. H. Fadhlan Zainuddin.

Adapun ayat-ayat Al-Qur’an yang dibaca oleh ketiga tokoh nasional itu ialah Surat Al-Isra (Surat ke 17) dan Surat Al-A’la (Surat ke 87) dengan durasi sekitar setengah jam dan berlangsung dengan khidmat. Suara ayat-ayat suci Al-Qur’an yang terdengar merdu dan nyaring itu juga mampu membuat para hadirin memperhatikan dengan seksama ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Peristiwa menarik lainnya hadir ketika para peserta defile berjalan menuju panggung utama, dengan perwakilan dua orang untuk setiap perguruan tinggi (PT). Menariknya, PT yang pertama dipanggil justru berasal dari Provinsi Papua, provinsi paling timur di wilayah Indonesia.

Laksana mengikuti perjalanan matahari terbit, empat universitas asal Provinsi Papua telah mengawali defile. Keempatnya ialah Universitas Negeri Papua (UNP), Universitas Sains dan Teknologi Papua, Universitas Cenderawasih (Uncen), dan Universitas Musamus Merauke.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, maba UI terlihat sangat antusias dan bersemangat saat kafilah UI berjalan ke atas panggung utama. Suasana gemuruh dan tepuk tangan panjang pun mengiringi defile khafilah UI ketika berjalan ke panggung utama.

Suasana serupa terjadi pula saat defile khafilah dari Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Andalas, serta beberapa perguruan tinggi lain berjalan ke arah panggung utama.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti defile mencapai 336 peserta. Mereka berdiri di panggung utama dan masing-masing menerima kitab suci Al-Qur’an yang merupakan sumbangan dari Kerajaan Saudi Arabia dan Kemenyerian Agama RI.

Kemeriahan acara semakin bertambah dengan lagu-lagu yang dinanyikan sekitar 3.000 orang maba UI, yakni lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars MTQ, Garuda Pancasila, dan Satu Nusa Satu Bangsa. Prosesi lagu-lagu dalam pembukaan MTQMN XIV di balairung ini dipimpin oleh konduktor Drs. A.G. Sudibyo, M.Si.

Ia telah berpengalaman memimpin prosesi upacara untuk berbagai acara formal di balairung UI selama 33 tahun. Adapun jumlah keseluruhan peserta dalam MTQMN ke 14 ini ialah 1.863 orang dari 168 PT yang tersebar dari Merauke hingga Sabang, dan dari Miangas hingga Pulau Rote.

Selama peserta defile berjalan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Marching Band Madah Bahana (MB) UI pun memainkan sejumlah instrumen lagu seperti Mars UI dan Pahlawan Muda“. Terdapat pula tiga UKM lain yang turut berpartisipasi, yakni Orkestra Mahawaditra UI, Paduan Suara Paragita UI, dan Liga Tari Krida Budaya (LTKB) UI.

Tampil pula grup marawis dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Adapun UKM Paduan Suara Paragita UI menyanyikan lagu-lagu bernuansa Islami, yakni Sholawat Badar dan Sholawat Cinta, sedangkan LTKB UI mementaskan tari tradisional Betawi, Ronggeng Blantek, di awal acara dan tari tradisional Melayu, Zapin, di akhir acara.

Dalam kegiatan ini hadir Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Ir. H. Muhamad Anis, M.Met, Ketua Panitia MTQ MN XIV, Dr. H. Arman Nefi, SH., MH, yang juga Direktur Kemahasiswaan UI, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Riset, Teknologi (Kemenristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti), Prof. Dr. H. Ainun Naim, Ph.D, mewakili Menristek Dikti, Prof. Dr. H. Muhammad Nashir.

Sedangkan pembawa acara (master of ceremony) dalam acara MTQ MN XIV ini ialah Agus Idwar dan Roosita, dua mc terkenal alumni UI. Keduanya membawakan acara dalam dua bahsa, Inggris dan Indonesia.

Hadir pula Wali Kota Depok, Dr. H. Nur Mahmudi Ismail, dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Andi Mappetahang Fatwa. Adapun Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Kota Depok, KH. Dimyati Badruzzaman, juga turut hadir sekaligus memimpin dan membaca do’a bersama.

MTQMN XIV ini mengangkat tema Membentuk Mahasiswa Yang Beriman, Bertaqwa dan Berakhlaqulkarimah Menyongsong Indonesia Emas serta diikuti oleh 1.863 peserta dari 167 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta.

Dalam ajang MTQMN XIV ini, terdapat 13 cabang lomba, antara lain Musabaqah Tilawatil Qur’an,Musabaqah Tartilil Quran,Musabaqah Qira’at Sab’ah,Musabaqah Hifzhil Quran untuk 1 Juz, 5 Juz dan 10 JuzMusabaqah Fahmil Al-Quran, dan Musabaqah Syarhil Al-Quran, serta Musabaqah Khaththil Quran.

Berdasarkan press release yang diterima oleh DMI.OR.ID, tercatat sejumlah ulama dan muballigh akan mengisi rangkaian tabligh akbar setiap hari, yakni Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Dr. Hidayat Nur Wahid, dengan judul ceramah Al-Qur’an, Bangun Peradaban Bangsa, pada Ahad (2/8).

Ada pula Pimpinan Majelis Adz Dzikra, Ustadz Arifin Ilham, dengan judul ceramah Indahnya Hidup dengan Dzikir dan Al-Qur’an pada Senin (3/8). Dan pembina Radio Silaturrahim, Ustadz Husein Alatas, dengan judul ceramah Renungan di bawah naungan Al Qur’an, pada Rabu (5/8).

Dari negeri serumpun Singapura, hadir pula Chairman Kampung Siglap Mosque Management Board/ Singapore Darul Qur’an, Nailul Hafiz bin Abdul Rahim, dengan judul ceramah Manajemen Modern dalam Pengelolaan Masjid: Sharing dari Masjid Kampung Siglap, Singapura, pada Selasa (4/8).

Penceramah lainnya ialah pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur’an,Ustadz Yusuf Mansyur, dengan judul ceramah Membangun Masyarakat Qur’ani pada Jum’at (7/8). Hadir pula dari kalangan selebritis, Derry Sulaiman, yang akan berbagi pengalaman dakwah dengan peserta MTQMN XIV UI pada Jum’at (7/8).

Panitia juga akan menghadirkan penulis novel terkenal Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman el Shirazy, dalam acara Malam Kesenian pada Ahad (2/8) dengan tema Al-Qur’an Sebagai Inspirasi Berkarya di panggung utama MTQMN XIV.

Hadir pula aktris Oki Setiana Dewiyang akan menjadi narasumber dalam talkshow bertajuk Fashion Muslimah Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA)pada Ahad (2/8).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani