DMI.OR.ID, JAKARTA – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) MUI I Tahun 2015 pada Selasa (10/11) hingga Kamis (12/11) di Jotel Mercure, Ancol, Jakarta, bertepatan dengan 27-29 Muharram 1437 Hijriah.

Kegiatan ini mengambil tema Konsolidasi Organisasi untuk Meningkatkan Peran MUI dalam Melayani dan Melindungi Ummat, sebagai tindak lanjut dari Musyawarah Nasional (Munas) IX MUI di Surabaya, pada Senin (24/8) hingga Kamis (27/8),

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan Rakernas I MUI ini dirangkai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara MUI dengan PT. Indosat, Tbk.

MoU ini ditandatangani oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat, DR. KH. Ma’ruf Amin, dan Chief Executive Officer (CEO) dan Presiden Direktur PT. Indosat Tbk, H. Alexander Rusli, Ph.D., pada Selasa (10/11) malam.

Dewan Pimpinan MUI Pusat juga menandatangani MoU dengan Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara pada Selasa (10/11) malam. MoU ini ditandatangani oleh KH. Ma’ruf Amin dan Direktur Utama Perum LKBN Antara, H. Saiful Hadi, S.Ag., MSW.

Dalam acara pembukaan ini, Menteri Agama (Menag) RI, Drs. KH. Lukman HakimSaifuddin, menjadi pembicara utama (key note speaker), setelah sambutan atau pidato ifthitah dari KH. Ma’ruf Amin.

Dalam sesi ini, Menteri Agama berbicara tentang Kerukunan Antar Ummat (KAUB), Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menag tentang pendirian rumah ibadah, pelatihan dan kursus pra nikah bagi remaja Muslim pria dan wanita, serta peran aktif MUI di tengah-tengah negara-bangsa yang sangat majemuk seperti Indonesia.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani