DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah menginisiasi kegiatan Musabaqah Azan Nasional (MAN) Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan jelang bulan Ramadhan 1443 Hijriah hingga berakhir pada Mei 2022, dalam rangka menyambut Milad ke-50 DMI.

Ketua penyelenggara MAN Tahun 2022, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Ag., yang juga Ketua PP DMI, mengonfirmasi hal itu pada Kamis (16/5) malam.

Menurutnya, kegiatan MAN Tahun 2022 ini berlangsung di tengah suasana pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19). “Saat terjadinya pembatasan kegiatan sosial dan pembatasan terhadap jumlah jamaah sehingga aktivitas rumah ibadah pun terbatas,” imbuhnya.

Insya Allah, Grand Final dilanjut pengumuman dan pembagian Hadiah akan dilaksanakan pada Jumat (22/6) sore, Pukul 15.30-17.30 WIB di Masjid Istiqlal, Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Dr. Munawar Fuad Noeh, DMI bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI) telah meluncurkan Gema MAN Tahun 2022 di Gedung DMI Pusat.

“Prosesi peluncuran ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, H Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., bersama Wakil Ketua Umum PP DMI, Komjen Pol. Dr. (H.C.) Drs. H. Syafruddin. Bapak Syafruddin hadir atas arahan Bapak H. Muhammad Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PP DMI”, jelasnya.

Kegiatan MAN Tahun 2022 ini, ucapnya, diikuti oleh 420 peserta serta didukung oleh pemuda dan remaja masjid DMI. Lomba MAN Tahun 2022 ini sangat kreatif dan inovatif, serta menggunakan latar belakang berupa pesona wisata religi nusantara yang sangat indah.

“Adapun ketua Dewan Juri untuk kegiatan MAN Tahun 2022 ini ialah Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) DMI, Dr. Imam Addaruquthni, M.A. Dewan Juri telah menyeleksi semua video yang telah diterima oleh panitia. Hasil akhirnya, terdapat 100 video yang telah dipublikasikan di laman resmi Youtube kepanitiaan MAN Tahun 2022,” jelasnya.

Akhirnya, jelas Dr. Munawar Fuad Noeh, penilaian akhir Dewan Juri mengerucut menjadi 10 besar dan juara favorit. “10 nominator terbaik itu dinilai dengan menyertakan penilaian dari Dewan Juri Kehormatan, antara lain Menparekraf RI, H. Sandiaga Salahuddin Uno,” ungkapnya.

Seorang lain Dewan Juri Kehormatan dalam MAN Tahun 2022 ini, tuurnya, ialah Direktur Urusan Agama Islam (Urais) dan Pembinaan Syariah (Binsyar) – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam – Kementerian Agama (Kemenag) RI, H. Muhammad Adib, S.Ag.

Dalam keterangan resminya, Ketua Dewan Juri MAN Tahun 2022, Dr. Imam Addaruquthni, M.A., yang juga Sekjen PP DMI, menyatakan bahwa hasil penjurian dan para juaranya hanya diketahui oleh Dewan Juri dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) saja.

“Pengumuman hasil penjurian dan para juaranya akan dilakukan setelah semua nilai dikumpulkan menjadi satu sehingga pada saat Grand Final akan diumumkan siapa yang menjadi Juara 1, 2 dan 3, serta Juara Harapan,” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Ketua PP DMI, Dr. Munawar Fuad Noeh, M.Ag., yang juag Ketua Penyelenggara Musabaqah Azan Nasional (MAN) Tahun 2022

Ketua PP DMI, Dr. Munawar Fuad Noeh, M.Ag., yang juga Ketua Penyelenggara Musabaqah Azan Nasional (MAN) Tahun 2022