DMI.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) siap bekerjasama dan bersinergi dengan berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam di Indonesia, khususnya dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, dua ormas Islam terbesar di tanah air yang baru saja selesai melaksanakan muktamarnya secara bersamaan.

Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si, menyatakan hal itu pada Jum’at (8/8) siang, saat diwawancarai DMI.OR.ID di Sekretariat PP DMI, Jakarta.

“Sebagai ormas kemasjidan, tentu saja DMI akan bersinggungan dengan ormas-ormas Islam, khususnya dua ormas Islam terbesar besar, NU dan Muhammadiyah. Kami mengharapkan kerja sama sinergis dengan kedua ormas Islam ini,” tutur Kiai Masdar pada Jum’at (8/8) siang.

PP DMI, lanjutnya, menyampaikan ucapan selamat kepada kedua ormas Islam terbesar di republik ini, yakni NU dan Muhammadiyah, yang telah melangsungkan hajatan nasionalnya untuk memilih kepemimpinan yang baru.

“Selamat atas suksesnya muktamar NU dan Muhammadiyah, dua ormas Islam terbesar di Indonesia. Harapan saya, semoga keduanya dapat terus memperkokoh diri (organisasi) dan semakin memperkuat khidmatnya kepada ummat Islam dan bangsa Indonesia,” papar Kiai Masdar.

Sebelumnya, Muktamar ke-47 Muhammadiyah telah menetapkan Dr. H. Haedar Nashir, M.Si sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Dr. H. Abdul Mu’thi, M.Ed sebagai Sekretaris PP Muhammadiyah.

Sedangkan Muktamar ke-33 NU telah menetapkan Drs. KH. Ma’ruf Amin sebagai Rais A’am Syuriah Pengurus Besar NU (PBNU) dan Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA sebagai Ketua Umum Tanfidziyah PBNU.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani