DMI.OR.ID, JAKARTA – Pengurus Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) telah dilantik menjadi pengurus baru periode 2016-2020 pada Selasa (29/3) pagi, bertempat di Gedung Nusantara V Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Jakarta.

Tepatnya, dalam acara bertajuk Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dalam Rangka Pelantikan Pengurus Baru DMI Kota Jakarta Selatan. Keempat pilar itu ialah Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam acara ini Ketua Pimpinan WIlayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Drs. KH. Ma’mun Al-Ayyubi, secara langsung telah melantik PD DMI Kota Administrasi Jaksel.

Pelantikan ini juga disaksikan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Pimpinan Pusat (PP) DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., dan Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid, M.A., serta Wali Kota Admnistrasi Jakarta Selatan, H. Tri Kurniadi, S.H., M.Si.

Adapun Ketua PD DMI Kota Administrasi Jaksel ialah KH. Sanusi Haji Dahlan (HD), dengan Sekretaris Drs. H. Eddy KS.

Usai pelantikan, Wakil Ketua MPR RI, Ustaz Hidayat, bersama Waketum PP DMI, Kiai Masdar, secara bergantian memberikan materi sosialisasi empat pilar kepada lebih dari 200 peserta yang mewakili masjid-masjid dan PD DMI Kota Administrasi Jaksel.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kedua pemateri memberikan tinjauan umum tentang empat pilar Indonesia dari kacamata pondok pesantren, fiqh, dan Islam. Secara umum, dibahas juga tentang konsep Hak Asasi Manusia (HAM) dalam

Dalam kesempatan ini, para peserta juga diberi kesempatan untuk mengajukan sejumlah pertanyaan sehingga diskusi berjalan sangat dinamis. Beragam hal tentang empat pilar Indonesia dibahas secara mendalam dan komprehensif dalam seminar ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani