DMI.OR.ID, MAGELANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang akan membangun sebuah masjid baru dengan nilai mencapai Rp 2,3 miliar untuk merenovasi musholla Ilmun Nafi’ yang sudah tidak mampu menampung jumlah jama’ah. Musholla ini berdiri sejak puluhan tahun lalu di kompleks Kantor Wali Kota Magelang.

Kepala bagian (Kabag) Pembangunan Sekretaris Daerah (Setda) Kota Magelang, Taufik Nurbakin, menyatakan hal itu pada Selasa (18/8), sebagai manana dikutip dari laman www.kompas.com.

“Nilai kontrak pembangunan gedung tempat ibadah ini sebesar Rp 2.375.053.000, dengan menggandeng penyedia jasa pembangunan PT. Aneka Cemerang Jaya,” tutur Nurbakin pada Selasa (18/8).

Menurutnya, masjid itu nanti akan memiliki luas 600 meter persegi dan bisa menampung sekitar 400 jama’ah. Ia memperkirakan waktu pelaksanaan pembangunan masjid selesai dalam 135 hari.

Sementara Wali Kota Magelang, Ir. H. Sigit Widyonindito, MT., menyatakan musholla Ilmun Nafi’ itu sudah saatnya direnovasi menjadi sebuah masjid yang representatif sehingga bisa dipakai tidak hanya untuk ibadah, tetapi juga kegiatan keagamaan lainnya.

“Selama ini, para pegawai Muslim di sekitar lingkup Setda harus keluar mencari masjid untuk melaksanakan ibadah sholat Jum’at. Kalau masjid udah jadi, nanti para pegawai tidak perlujauh-jauh keluar kantor untuk mencari masjid, cukup di sini saja,” tutur Wali Kota Sigit.

Ia pun meminta kepada penyedia jasa pembangunan agar proses pembangunan masjid dapat dikawal dengan baik, termasuk material yang digunakan harus sesuai dengan spesifikasi.

“Bangunan ini untuk tempat ibadah, harus dilaksanakan dengan baik. Saya minta untuk arah kiblat harus matang, sesuai dengn ketentuan. Konsultasikan dengan pihak terkait,” tegasnya.

Mantan Kepala DInas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kota Magelang itu pun berharap agar masjid ini bisa digunakan juga oleh masyarakat sekitar, tidak hanya untuk para pegawi di linngkungan kantor Wali Kota Magelang.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani