DMI.OR.ID, JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Dr. H. Soni Sumarsono, M.D.M., secara resmi telah melepas 50 marbot yang akan diberangkatkan umrah secara gratis melalui dana hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Dana ini dikelola oleh Pimpinan WIlayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Non-Aktif, Ir. Basuki Tjahaja Poernama, M.M., Ketua pimpinan WIlayah (PW) DMI DKI Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi, dan Ketua Pimpinan Pusat (PP) DMI bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H. Andi Mappaganti, M.M.

Kegiatan ini bertajuk Pelepasan Peserta Umrah Marbot Masjid dan bertempat di Gedung Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (27/10).

Dalam sambutannya, Gubernur Non-Aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Poernama, menyatakan biaya umrah ke Mekkah, Arab Saudi, sebenarnya relatif tidak mahal untuk ukuran Anggaran Pemasukan dan Belanja (APBD) DKI Jakarta.

“Jumlah 50 orang ini lebih banyak ketimbang tahun kemarin (2015), yakni 40 orang marbot yang diberangkatkan umrah. Bila perlu (ke depan), setiap dua bulan kirim 100 orang. Sebenarnya, biaya umrah ke Mekkah relatif tidak mahal untuk ukuran Pemprov DKI, per orang hanya butuh duit Rp 25 juta,” jelas Basuki seperti dikutip dari laman http://news.detik.com/.

Menurutnya, pihak yang berhak menyeleksi siapa saja marbot yang akan berangkat umrah ialah DMI DKI Jakarta. “yang penting DMI seleksinya benar dan bisa bekerja secara maksimal. Mudah-mudahan nanti jumlah jemaah dapat terus ditingkatkan,” harapnya.

Basuki juga memandang penting aspek religiusitas dalam kehidupan sehari-hari warga di Jakarta. “Bahaya sekali bila ada orang cerdas, jahat, dan tidak bertuhan,” ungkap suami dari Veronica Tan ini.

Secara umum, lanjutnya, setiap orang harus menyeimbangkan aspek hubungan dengan Tuhan dan hubungan antar manusia. “Istilahnya hablumminAllah dan hablumminannas,” imbuhnya.

Dalam acara ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) DKI Jakarta juga menyerahkan Asuransi BPJS Ketenegakerjaan secara simbolik kepada 50 marbot masjid peserta umrah gratis itu.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani