DMI.OR.ID, Sabang – Masjid Agung Babussalam di Jalan Tengku Cik Ditiro, Kota Sabang, Provinsi Aceh, menjadi saksi bisu saat Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), memimpin sholat berjamaah jamak takdim (ditarik ke waktu awal) dengan qashar (meringkas) dua roka’at, masing-masing untuk sholat dzuhur dan ashar.

Seperti dikutip dari laman, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk menunaikan ibadah sholat di masjid itu saat sedang sibuk blusukan di Kota Sabang, Aceh, pada Selasa (10/3), Pukul 14.30 WIB,. Tepatnya, usai Presiden makan siang bersama di salah satu rumah makan.

Rombongan yang mengikuti Presiden pun ikut sholat di masjid, seperti Gubernur Provini Aceh, Zaini Abdullah, Wali Kota Sabang Zulkifli Adam, Menko Maritim Indroyono Soesilo dan Menteri PU Basuki Hadimuljono serta rombongan lainnya. ‎Mengenakan kemeja putih, Jokowi langsung memimpin salat.

Karena masih dalam perjalanan, Jokowi mengqashar (meringkas) salatnya dengan jamak taqdim (ditarik ke waktu awal). Jokowi menjadi imam salat‎ Zuhur dua rakaat kemudian salam, dan dilanjutkan salat Ashar dua rakaat kemudian salam.

Ada sekitar 4 saf makmum, namun tidak penuh sampai ke ujung. Para jamaah pun sempat mendokumentasikan orang nomor satu di Indonesia ini. Usai salat, di luar masjid, para jamaah sudah bersiap untuk bersalaman dengan Presiden. Ia pun menyalami mereka satu persatu-satu, lalu menyapa para pedagang di depan Masjid. Setelah itu, Presiden melanjutkan perjalannya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani