DMI.OR.ID, SUMEDANG – Universitas Padjajaran turut berpartisipasi aktif dalam perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional (MN) XIV di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, pada Sabtu (1/8) hingga Sabtu (8/8).

Seperti dikutip dari laman www.unpad.ac.id, sebanyak 21 mahasiswa Unpad siap berkompetisi dalam ajang MTQMN XIV ini. Mereka terpilih mewakili Unpad pasca serangkaian seleksi dan pembekalan selama satu tahun.

Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr, berpesan kepada para delegasi untuk tidak hanya berkompetisi, tetapi juga untuk syiar dan dakwah melalui ajang MTQMN XIV ini. “Mari kita pandang kegiatan ini sebagai kesempatan lahan amal untuk berdakwah,” tuturnya pada Selasa (28/7) i Ruang Rapat Rektor, Gedung rektorat Unpad, kampus Jatinangor, Sumedang.

Saat itu, Rektor Unpad juga memberikan apresiasi, semangat, dukungan, dan pengarahan serta pelepasan kepada 21 delegasi MTQMN XIV asal Unpad. Rektor pun berharap para peserta mengikuti kompetisi dengan didasari tekad untuk syiar dan dakwah.

“Kalau pengertiannya kesana (syiar dan dakwah), yang ditargetkan menjadi juara itu sampingan, karena niatnya lebih jauh dari itu sebetulnya,” papar  Tri Hanggono.

Rektor pun berpesan agar para peserta senantiasa menjaga nama baik Unpad, khusunya dalam menjalin silaturahmi dengan para peserta dari perguruan tinggi lain. “Silaturahmi perlu terus dijalin, diantaranya untuk mempelajari strategi dalam berdakwah,” jelasnya.

Sementara Kepala Bagian Kemahasiswaan Unpad, Drs. Rd. Dida Herwanda Barnas, menyatakan para peserta telah melalui serangkaian seleksi di tingkat fakultas dan universitas pada tahun 2014 sebelum terpilih mewakili Unpad di tingkat nasional.

“Selama satu tahun, tiga besar juara universitas dari masing-masing cabang juga diberi pembekalan,  lalu dipilih lagi satu perwakilan dari setiap cabang untuk mengikuti ajang itu di tingkat nasional,” jelasnya.

Para peserta, lanjutnya, juga telah melalui proses pemantapan dan karantina pada 26-28 Juli 2015 lalu di Wisma Unpad, Bandung. Mereka akan mengikuti 10 cabang (putra dan putri) dari 13 cabang yang di perlombakan, yakni Tilawatil Qur’an, Tartillil Qur’an, Hifzhil Qur’an 1 juz, Hifzhil Qur’an 5 juz, Hifzhil Qur’an 10, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Karya Tulis, Debat Bahasa Arab, dan Debat Bahasa Inggris.

MTQMN merupakan acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi (Kemenristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Tahun 2015 ini, MTQMN XIV akan diikuti oleh 1.863 mahasiswa dari 167 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Adapun tema yang diangkat dalam MTQMN XIV ini adalah Membentuk Mahasiswa yang Beriman, Bertakwa, dan Berakhlakul Karimah Menyongsong Indonesia Emas.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani