DMI.OR.ID, JAKARTA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan bersih-bersih masjid yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. Khususnya dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H. Andi Mappaganty, M.M., menyatakan hal itu pada Rabu (3/5) di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), saat diwawancarai para wartawan saat peresmian acara Bersih-Bersih 1001 Masjid, Bersihnya Hati Bersihnya Perbuatan: Mari Bersihkan Masjid.

“Masjid merupakan pusat dari kegiatan ibadah dan sosialisasi (dakwah) yang dilakukan umat Muslim sehari-hari. Kegiatan akan semakin padat saat bulan Ramadhan tiba dan jumlah jamaah yang beribadah di masjid juga meningkat,” tutur Andi pada Rabu (3/5), seperti dikutip laman www.republika.co.id dari Kntor Berita Antara.

Itu sebabnya, lanjut Andi, partisipasi aktif masyarakat di sekitar masjid sangat diperlukan untuk menyiapkan masjid menjadi lebih bersih dan nyaman. “Masjid yang bersih dan nyaman dapat mendukung jamaah beribadah lebih khusyuk,” paparnya.

Lalu acara berlanjut dengan peragaan mengepel lantai secara simbolis oleh Sekjen PP DMI dan perwakilan PT. Unilever, Tbk, serta DKM MASK yang bersama-sama memperagakan cara mengepel lantai secara simbolis, sebagai tanda dimulainya kegiatan membersihkan masjid.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum PP DMI pada Rabu (3/5) pagi di MASK. Dalam acara ini, Wapres Kalla didampingi oleh sejumlah pengurus PP DMI, yakni Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A.

Hadir pula Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H Andi Mappaganti, M.M., dan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) MASK, Drs. H. Suhaeli Kalla., yang juga Bendahara PP DMI, serta Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida.

Turut hadir Sekretaris Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Luar Negeri (LN) PP DMI, H. Hery Sucipto, Lc., M.M., dan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) DMI Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Drs. KH. Makmun Al-Ayyubi, serta perwakilan pimpinan dari PT. Unilever, Tbk.

Dalam kesempatan ini, diresmikan juga website www.1001inspirasiramadhan.com sebagai media online yang mensyiarkan dan menyebarluaskan berbagai macam kegiatan PT. Unilever, Tbk dalam menyambut hadirnya bulan Suci Ramadhan.

Rencananya, kegiatan Bersih-Bersih 1.001 masjid ini akan diselenggarakan di 33 kota/ kabupaten di 11 provinsi di seluruh Indonesia yang mulai berlangsung sejak 21 April hingga 23 Mei 2017 nanti.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani