DMI.OR.ID, MALANG – Pengurus Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Malang menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) PD DMI Kota Malang pada Rabu (21/12) di Hotel Trio 2, Kota Malang, dengan tema: Memakmurkan Masjid, Dimakmurkan Masjid.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua PD DMI Kota Malang, Drs. KH. Mas’ud Ali, M.Ag., serta dihadiri oleh Wali Kota Malang, Ir. H. Mochamad Anton. Ia juga memberikan kata sambutan dalam Pembukaan Musda DMI Kota Malang ini.

“Saya sudah kumpulkan jajaran untuk mencari payung hukum dalam sertifikasi masjid sehingga seluruh masjid di Kota Malang dapat memiliki dasar legalitas yang kuat,” tutur Wali Kota yang akrab disapa Abah Anton itu, seperti dikutip dari laman http://www.malangtimes.com.

Saat ini, lanjutnya, terdapat sekitar 570 masjid yang ada di Kota Malang. Program ini merupakan niat baik pemerintah yang diharapkan bisa terealisasi pada tahun 2017 mendatang.

“Harapannya, kalau sudah ada sertifikasi menjadi jelas payung hukumnya dan pendataan asetnya (masjid) di pemerintah. Untuk titik awal, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan melakukan sertifikasi terhadap masjid yang berada di ingkungannya,” ungkapnya.

Menurutnya, jika tidak ada kendala secara hukum dan administrasi, Pemkot Malang akan melakukan sertifikasi pada semua masjid yang ada di Kota Malang.

Dalam sambutannya, Ketua PD DMI Kota Malang, KH. Mas’ud Ali, menyatakan apresiasinya terhadap rencana Pemkot Malang untuk mensertifikasi seluruh masjid yang ada di Kota Malang.

“Kami sangat mengapresiasi kepedulian Pemkot yang sangat peduli dengan masjid. Kami berterima kasih sekali kepada pemerintah akan hal ini,” jelasnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani