DMI.OR.ID, JAKARTA – Ulama Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (Suni) asal Beirut, Lebanon, yang juga Rektor Universitas Kulliyatul Dakwah, Dr. Syeikh Abdul Nasser Al-Jabri, bersilaturrahim dengan jajaran pengurus Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada Jumat (25/3) siang di Kantor Sekretariat PP DMI, Jakarta.

Syeikh Abdul Nasser hadir didampingi dua orang rekan dari Lebanon dan seorang penerjemah dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), H. Ajat Sudrajat. Dalam pertemuan ini, Syeikh Nasser juga membahas sejumlah isu tentang perkembangan ummat Islam terkini.

Misalnya, tentang bahaya perkembangan Paham Takfiri yang mulai mengancam negara-negara di belahan selatan seperti  Indonesia, India, dan Malaysia. Paham takfiri ini terkait erat dengan konflik berlarut-larut di Timur Tengah yang melibatkan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), konflik Suni-Syiah, konflik Suriah, konflik Yaman, dan konflik Palestina-Israel.

Pimpinan Majelis Ulama Lebanon ini juga mengingatkan ummat Islam di Indonesia untuk mempertahankan persatuan dengan seluruh elemen bangsa Indonesia, termasuk dengan kelompok Non-Muslim. Hal ini penting untuk mencegah semakin meluasnya konflik di Timur Tengah hingga ke wilayah Nusantara.

Apalagi, Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia yang jumlahnya jauh lebih besar daripada seluruh penduduk di kawasan Timur Tengah. Jadi, bangsa Indonesia harus waspada dengan upaya berbagai pihak yang ingin memecah-belah persatuan bangsa, termasuk kepentingan negara-negara besar seperti Amerika Serikat, dan Rusia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pergerakan Bangsa Lebanon ini juga ingin meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Lebanon, dalam segala bidang, terutama di bidang pendidikan.

Secara khusus, ia turut mengundang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Ir. H. Rudiantara, M.B.A., untuk berkunjung ke Lebanon dan mempererat hubungan kedua bangsa.

Menkominfo RI yang juga Ketua Departemen Komunikasi, Informasi, (Kominfo), Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Luar Negeri (Hublu) PP DMI pun langsung menyambut baik tawaran itu dan berjanji akan berkunjung ke Beirut, Lebanon.

Dalam pertemuan ini, turut hadir Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., Sekretaris PP DMI, Dr. Ir. H. Ifan Haryanto, M.Sc., Sekretaris PP DMI, Ir. H. Muhammad Suaib Didu, M.M., Sekretaris PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Sc., dan Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida.

Hadir pula Sekretaris Departemen Kominfo, Hubla, dan Hublu PP DMI, H. Hery Sucipto, Lc., M.M., dan Anggota Departemen Pengembangan Ekonomi Umat dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Ir. H. Sugiono, S.E.

Hadir pula sejumlah Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI, yakni Ketua Umum, Muhammad Hanif Alusi, S.Hum., dan Ketua Bidang Organisasi dan Hubungan Antar Lembaga, Asyriqin Syarif Wahadi.

Hadir pula Ketua PP PRIMA DMI Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Khaerul Ardian Syeikh, S.H.I.,  dan Sekretaris Bidang Media Informasi dan Hubungan Masyarakat, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani