DMI.OR.ID, DEPOK – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Umum Pimpian Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), telah menjadi Inspektur Upacara sekaligus melepas jenazah Almarhum DR. KH. Achmad Hasyim Muzadi, ke persada ibu pertiwi pada Kamis (16/3) petang dengan upacara militer kenegaraan.

Almarhum Kyai Hasyim ialah Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikmah II, Depok, Jawa Barat, hingga akhir hayatnya. Almarhum wafat pada usia 72 tahun dengan meninggalkan enam orang anak dan 13 cucu.

Almarhum menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (16/3) pagi, sekitar Pukul 06.15 WIB, di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikmah I, Cengger Ayam, Kota Malang, Jawa Timur. Saat ini, almarhum juga mengemban amanat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) International Conference of Islamic Scholars (ICIS), dan anggota Majelis Mustasyar dan Pakar PP DMI.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, terlihat bendera merah-putih menutupi keranda jasad almarhum sebelum akhirnya diturunkan ke liang lahat yang telah disiapkan. Kalimat Tahlil dan sholawat serta iringan do’a dan pembacaan Surat Yasin dalam Kitab Suci Al-Qur’an pun secara bergantian ikut mengiringi kepergian jasad almarhum ke persada Ibu Pertiwi.

Terdengar pula lagu “Gugur Bunga” dan tembakan salto prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dengan khidmat mengiringi prosesi pemakaman Almarhum Kyai Hasyim Muzadi. Berikut ini adalah video prosesi pemakaman Almarhum secara militer dan kenegaraan dengan dipimpin langsung oleh Wapres Jusuf Kalla.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani