DMI.OR.ID, SEMARANG – Para peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional (MN) XIV sudah sepatutnya menghayati Al-Qur’an melalui cabang-cabang yang dilombakan dalam MTQMN XIV di kampus Universitas Indonesia, Depok.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Sarjuni, S.Ag, M.Hum, menyatakan hal itu pada Kamis (30/7), sebagaimana dikutip dari laman www.republika.co.id.

“Harapan saya, mahasiswa yang mendapatkan amanat ini dapat mempersiapkan diri baik secaramental maupun fisik, sekaligus menghayati cabang-cabang yang diperlombakan dalam MTQMN XIV ini,” tutur Sarjuni pada Kamis (30/7).

Menurutnya, suatu kebanggaan tersendiri mahasiswa Unissula dapat terpilih mewakili Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) IV wilayah Jawa Tengah dalam ajang MTQMN XIV ini.

“Kami merasa bersyukur karena mahasiswa kami dipercaya untu turut berkompetisi di sana. Kami berharap mereka bisa berprestasi untuk membawa nama baik kampus dan Jawa Tengah,” papar Sarjuni.

Ia pun mengimba delegasi Unissula untuk tidakmeras minder atau takut dengan peserta lain karena kesuksesan adalah milik semua mahasiswa yang siap sukses. “Insya Allah kalian bisa,” ujarnya.

Sementara Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unissula, Tri Wikaningrum, SE., M.Si, berpesan agar para delegasi Unissula memaknai MTQMN XIV ini sebagai jalan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Sebagai mahasiswa Unissula, para delegasi dalam MTQMN XIV tidak sekedar memiliki kapasitas ilmiah, namun juga iman dan taqwa,” jelasnya. Dalam ajang MTQMN XIV ini, Unissula mengirimkan sembilan orang kafilahnya, yakni Muhammad Misbakhul Munir, Abdul Kharis, Ahmad Zamhahir, Rizal Palevi Hidayat, dan Nila Masalikul Masruroh.

Empat orang delegasi lainnya ialah Eko Ngudi Nugroho, Afifatul Faizah, Khusnul Salamah, dan Lilik Alfatin Nafiah.

MTQMN XIV ini mengangkat temaMembentuk Mahasiswayang Beriman, Bertaqwa dan Berakhlaqulkarimah Menyongsong Indonesia Emas serta diikuti oleh 1.863 peserta dari 167 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta.

Dalam ajang MTQMN XIV ini, terdapat 13 cabang lomba, antara lain Musabaqah Tilawatil Qur’an,Musabaqah Tartilil Quran,Musabaqah Qira’at Sab’ah,Musabaqah Hifzhil Quran untuk 1 Juz, 5 Juz dan 10 JuzMusabaqah Fahmil Al-Quran, dan Musabaqah Syarhil Al-Quran, serta Musabaqah Khaththil Quran.

Berdasarkan press release yang diterima oleh DMI.OR.ID, tercatat sejumlah ulama dan muballigh akan mengisi rangkaian tabligh akbar setiap hari, yakni Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Dr. Hidayat Nur Wahid, dengan judul ceramah Al-Qur’an, Bangun Peradaban Bangsa, pada Ahad (2/8).

Ada pula Pimpinan Majelis Adz Dzikra, Ustadz Arifin Ilham, dengan judul ceramah Indahnya Hidup dengan Dzikir dan Al-Qur’an pada Senin (3/8). Dan pembina Radio Silaturrahim, Ustadz Husein Alatas, dengan judul ceramah Renungan di bawah naungan Al Qur’an, pada Rabu (5/8).

Dari negeri serumpun Singapura, hadir pula Chairman Kampung Siglap Mosque Management Board/ Singapore Darul Qur’an, Nailul Hafiz bin Abdul Rahim, dengan judul ceramah Manajemen Modern dalam Pengelolaan Masjid: Sharing dari Masjid Kampung Siglap, Singapura, pada Selasa (4/8).

Penceramah lainnya ialah pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur’an,Ustadz Yusuf Mansyur, dengan judul ceramah Membangun Masyarakat Qur’ani pada Jum’at (7/8). Hadir pula dari kalangan selebritis, Derry Sulaiman, yang akan berbagi pengalaman dakwah dengan peserta MTQMN XIV UI pada Jum’at (7/8).

Panitia juga akan menghadirkan penulis novel terkenal Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman el Shirazy, dalam acara Malam Kesenian pada Ahad (2/8) dengan tema Al-Qur’an Sebagai Inspirasi Berkarya di panggung utama MTQMN XIV.

Hadir pula aktris Oki Setiana Dewiyang akan menjadi narasumber dalam talkshow bertajuk Fashion Muslimah Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA)pada Ahad (2/8).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani