DMI.OR.ID, BINTAN – Wakil Presiden yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla, Ahad Pagi (31/5) meresmikan masjid raya Baitul Makmur, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Wapres JK yang berangkat dari Pangkalan Halim Perdana Kusuma didampingi jajaran pengurus DMI seperti Sekjend Imam Addaruquthni, Andi Mappaganty (Ketua), Syahrul Udjud (Wasekjend), serta Menkominfo Rudiantara yang juga Ketua Dept. Kominfo dan Kerjasama Antar Lembaga PP DMI, serta Menpar Arief Yahya. JK disambut Gubernur Kepri Asrul Sani dan Bupati Bintan, serta jajaran pengurus DMI Provinsi Kepri.

“Masjid harus dapat memakmurkan dan dimakmurkan masyarakat. Dengan begitu, ada keseimbangan kesejahteraan antara masjid dan masyarakat sekitar,” ujar Ketum JK.

Pria yang menjabat Wapres dua kali itu menjelaskan, masjid harus dapat berfungsi banyak hala, bukan hanya tempat beribadah. Masjid harus menjadi pusat pendidikan, ekonomi, informasi dan kegiatan keduniaan lainnya.

Usai memberikan sambutan, JK dan rombongan meninjau fasilitas masjid Baitul Makmur, yang menjadi pusat peresmian sembilan masjid lainnya di Kabupaten Bintan. JK juga mengetes soundsistem (akustik) masjid, dimana salah satu program unggulan DMI saat ini adalah memperbaiki kualitas akustik masjid.

Penulis: Hery Sucipto