DMI.OR.ID, JAKARTA – Bangunan fisik masjid harus indah, tetapi jangan berbeda jauh dengan rumah-rumah penduduk di sekitarnya. Hal ini sangat penting karena pengurus masjid harus membina masyarakat di sekitarnya ke arah yang lebih baik dalam berbagai bidang kehidupan.

Wakil Presiden (Wapres) RI, DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, menyatakan hal itu pada Kamis (18/2) sore. Tepatnya, dalam sambutan di Pelantikan Pengurus Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Masa Bhakti 2015-2020 dan Pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DMI Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Agung, Kantor Gubernur Provinsi DKI Jakarta, pada Kamis (18/2), bertepatan dengan 9 Jumadil U’la 1437 Hijriah. Saat itu, Wapres Kalla hadir dengan menggunakan kemeja batik lengan panjang berwarna ungu, lengkap dengan kopiah hitam dan kacamata.

“Fungsi kemasjidan dan kemasyarakatan sangatlah penting. Pengurus masjid hendaknya membina masyarakat (jamaah) di sekitarnya, seperti mengajak masyarakat hidup sehat dan gotong-royong dalam membersihkan lingkungan, serta menjadi tempat penitipan anak (ramah anak),” tutur Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI.

Menurutnya, terdapat sekitar 10 ribu masjid dan musholla yang tersebar di seluruh Provinsi DKI Jakarta. Di Jakarta ini, hampir tidak ada gedung perkantoran yang tidak memiliki musholla dan masjid. Jadi, fungsi dunia dan akhirat dari masjid harus berjalan seimbang.

Masjid-masjid di jakarta, lanjutnya, sangat bervariasi dan unik. Masjid-masjid di perkantoran dengan masjid-masjid di mall, perumahan, dan di persinggahan jalan juga berbeda dan bervariasi peran dan fungsinya.

“Di masa Nabi Muhammad SAW, fungsi masjid sangatlah penting bagi masyarakat, yakni sebagai pusat pendidikan ummat, pertemuan, perubahan sosial, musyawarah, bahkan pengadilan. Jadi, fungsi dunia dan akhirat dari masjid harus berjalan seimbang,” paparnya.

Ummat Islam, ujarnya, senantiasa berdoa kepada Allah untuk kebaikan di dunia dan akhirat. Robbana aatina fid dunya hasanah, wafil aakhiroti hasanah wakinaa adzab bannaar. Jadi, masjid juga sepatutnya melaksanakan fungsi ketertiban dan kedamaian.

“Pengurus masjid hendaknya mampu memberikan pemahaman bagaimana hidup dengan baik kepada masyarakat, seperti dengan tidak bersikap radikal yang dapat menimbulkan terorisme serta berupaya memadamkan konflik sosial yang sering timbul di masyarakat,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, Wapres Kalla didampingi oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaya Purnama, M.M., Wakil Ketua Umum PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si., dan Ketua PW DMI Provinsi DKI Jakarta, Drs. KH. Ma’mun Al-Ayyubi  .

Adapun Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A., membacakan Surat Keputusan PP DMI Nomor: 013/PP-DMI/I/2016 Tentang Pengukuhan Pengurus Pimpinan Wilayah DMI Provinsi DKI Jakarta tertanggal 20 Januari 2016.

Dalam acara yang berlangsung dari Pukul 14.00 hingga Pukul 15.30 WIB ini, turut hadir sejumlah pengurus PP DMI seperti Ketua PP DMI Bidang Sarana Hukum, dan Wakaf, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi, dan Ketua PP DMI Bidang Kesehatan, Lingkungan Hidup, dan Kepemudaan, Prof. Dr. dr. H. Fachmi Idris, M.Kes.

Turut hadir Ketua PP DMI Bidang Pengebangan Ekonomi Umat dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK),  Drs. H. Abdilla Fauzi Achmad, MBA, AAIK., dan Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat, Drs. H. Andy Mappaganty, M.M.

Hadir pula Sekretaris PP DMI, Dr. H. Ifan Haryanto, M.Sc.,  dan H. Syahrul Ujud, SH., Sekretaris Departemen Komunikasi, Informasi, Hubungan Antar Lembaga (Hubla), dan Luar Negeri (Hublu) PP DMI, H. Hery Sucipto, Lc., M.M., dan Sekretaris Departemen Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Umat PP DMI, Drs. H. Erizal Rivi, APTH.

Acara ini dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan sambutan Ketua Panitia, KH. Ma’mun Al-Ayyubi. Acara berlanjut dengan pembacaan SK PP DMI Tentang Pengukuhan Pengurus PW DMI Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian, acara berlanjut dengan silaturrahim Wapres Kalla dengan jajaran Pengurus PW DMI Provinsi DKI Jakarta. Tampak Wapres Kalla menyalami satu per satu pengurus yang baru saja dilantik, diikuti oleh Wakil Ketua Umum dan Sekjen PP DMI.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani