DMI.OR.ID, PEKANBARU – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia, DR. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga  Wakil Presiden (Wapres) RI, telah melantik dan mengukuhkan personalia Pimpinan Wilayah (PW) DMI Provinsi Riau Masa Bakti 2016-2021 pada Jumat (21/7) sore, Pukul 15:00 WIB, bertempat di Gedung Daerah, Kompleks Kantor Gubernur Riau.

Dalam prosesi pelantikan ini, turut hadir Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Drs. H. Rudiantara, M.B.A., yang juga Ketua Departremen Kominfo, Hubungan Antar Lembaga (Hubla) dan Luar Negeri (Hublu) PP DMI, dan Ketua PP DMI Bidang Sarana, Hukum, dan Waqaf, Drs. H. Muhammad Natsir Zubaidi.

Hadir pula Ketua PP DMI Bidang Sosial Kemanusiaan dan Kesejahteraan Ummat, Drs. H. Andi Mappaganty, M.M., dan  Sekretaris PP DMI, H. Syahrul Ujud, S.H., serta Sekretaris Departemen Kominfo, Hubla dan Hublu PP DMI, H. Hery Sucipto, Lc., M.M. Adapun Ketua PW DMI Riau terpilih adalah Dr. H. Mashuri Putra, Lc., M.A. 

Dalam sambutannya, Ketua Umum PP DMI meminta parapengurus PW DMI Riau yang telah dilantik harus segera berbenah danbergerak dalam menyusun program, lalu melaksanakan program-program itu.

“DMI harus menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat meskipun tidak bisa seperti di zaman Rasulullah Muhammad SAW. Perandan fungsi masjid harus disesuaikandengan kondisi dan perkembangan terkini,” tutur Wapres Jusuf Kalla pada Jumat (21/7).

Menurutnya, sangat penting bagi PW DMI Riau untuk membahas aspek kebutuhan ummat di dalam masjid selain dakwah, seperti bidang perdagangan,ekonomi, dan kesehatan. Jadi, masjid jangan sampai sepi darikegiatan.

“:Kalau masjid sepi, justru bisa diambil oleh kelompok radikal dan dimanfaatkan untuk kepentingan mereka. Masjid juga harus memberikan kemakmuran kepada jamaah dan masyarakat di sekitarnya, harus dimakmurkan dan memakmurkan masjid. Jika itu berhasil, maka program DMI akan berhasil,” papar Jusuf Kalla.

Dalam acara ini, turut hadir Gubernur Riau, Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman, M.B.A., Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Brigadir Jenderal (Brigjend) Polisi Supriyanto, dan Komandan Distrik Militer (Dandim) Pekanbaru, Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Muhammad Ilyas, serta   perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam setempat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani