DMI.OR.ID, BANDUNG – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, menjadi narasumber utama dalam kegiatan Inspirasi Ramadhan (IRAMA) Spesial di ruang utama Masjid Salman, Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Ahad (19/6).

Seperti dikutip dari laman https://www.itb.ac.id, topik yang disampaikan Wapres Jusuf Kalla saat itu ialah Arti Kepemimpinan Sejati untuk Rahmat Semesta Alam. Ia juga memaparkan tentang kisah-kisah teladan Islami dan pengetahuan berbasis global.

“Kita semua adalah pemimpin, pemimpin harus mempertanggungjawabkan apa yang dipimpinnya,” ungkap Wapres Kalla sembari mengutip sebuah hadits Nabi Muhammad SAW.

Akhir-akhir ini, lanjutnya, kawasan global banyak menampakkan kabar-kabar (informasi) dalam suasana sulit, namun di Indonesia tetap stabil walaupun didera banyak masalah.

Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) periode 2012-2017 itu juga menyampaikan berbagai fenomena di luar negeri yang bertolak belakang dengan Indonesia. Hal itu menjadi keunikan sendiri bagi Indonesia.

Wapres Kalla hadir bersama-sama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Dr. H. Sofyan Abdul Jalil, S.H., M.A., MALD. Hadir juga Menteri Kelautan dan Perikanan Periode 2009-2011, Dr. ir. H. Fadel Muhammad Al-Haddar.

Dalam acara ini, selaku tuan rumah sekaligus memberikan sambutan, turut hadir Gubernur Jawa Barat (Jabar), Dr (H.C). H. Ahmad Heryawan Lc., M.Si., dan Rektor ITB Periode 2015-2019, Dr. Ir. H. Kadarssah Suryadi, D.E.A.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani