DMI.OR.ID, JAKARTA – Permasalahan yang sedang dihadapi ummat Islam di Palestina tidak boleh dilupakan meskipun saat ini terjadi konflik antara Republik Islam Iran dan Kerajaan Saudi Arabia.

Wakil Presiden (wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, MBA., menyatakan permasalahan yang dihadapi Palestina saat ini seperti terlupakan karena konflik Timur Tengah seperti ketegangan antara Iran dan Saudi Arabia.

“Palestina seperti agak terlupakan karena lebih banyak masalah besar di Timur Tengah (Konflik Saudi – Iran), kita berdoa hal ini dapat kita selesaikan,” tutur Wapres Kalla pada Sabtu (9/1) malam di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari laman http://news.okezone.com/.

Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyatakan hal itu dalam sambutannya di acara Penyerahan Rumah Sakit Indonesia ke Pemerintah Palestina di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Pemerintah RI, lanjutnya, akan melakukan upaya diplomatik agar hubungan kedua negara membaik. Pemerintah akan memberikan dorongan dan upaya diplomasi agar kedua negara itu dapat lebih baik.

Sebagai negara dengan umat Islam terbesar di dunia, tuturnya, pemerintah dan rakyat Indonesia tentu risau dengan kejadian yang terjadi di Timur Tengah. Tidak hanya di Iran dan Arab Saudi, tetapi juga kondisi di Timur Tengah secara menyeluruh.

“Sebagai umat Islam, tentu kami sangat risau melihat kejadian-kejadian yang terjadi, saling membunuh, menghancurkan, dan sebagainya. Kita tidak bisa hanya berdo’a saja, hanya berdemo di Jalan Thamrin atau dimana pun dengan ikat bendera di kepala,” ungkap Wapres Kalla seperti dikutp dari laman http://news.detik.com.

Menurutnya, langkah yang benar ialah yang dibuat Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia hari ini, yakni membangun Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina. “Semoga masalah Palestina dapat cepat selesai,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, hadir juga Menteri Luar Negeri RI, Dra. H.E, Retno Lestari Priansari Marsudi, S.IP, L.L.M, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D., dan Menteri Kesehatan Palestina, H.E. Jawad Awwad.

Hadir pula Duta Besar (Dubes) Palestina untuk RI, H.E. Faris Mehdawi dan beberapa duta besar negara sahabat lainnya, serta Ketua Presidium MER-C Indonesia, H. Hendri Hidayatullah.

Terkait konflik Iran-Arab Saudi, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, telah memerintahkan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, untuk melalukan upaya diplomasi terkait ketegangan dua negara. Menteri Retno akan segera bertolak ke Timur Tengah dalam waktu dekat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani