DMI.OR.ID, TULUNGAGUNG – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla, meresmikan penggunaan Masjid Agung Ar-Ridwan dan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darul Hikmah, Kecamatan Kedungwangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur (Jatim), pada Senin (16/1).

Seperti dikutip dari laman http://beritajatim.com/, Wapres Kalla meresmikan masjid dan Rusunawa ini dalam acara Syukuran Seperempat Abad, Peresmian Masjid Agung Ar-Ridwan dan Rumah Susun Pondok Modern Darul Hikmah, Tawangsari – Tulungagung.

Dalam sambutanya, Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu menegaskan kembali karakteristik agama Islam yang modern dan mengikuti perkembangan zaman.

“Ponpes ini menggela pendidikannya melalui pondok modern. Mangkaknya Islam itu modern dan mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan adalah tonggak keberlanjutan, pendidikan merupakan kepentingan masa depan,” tutur Wapres Kalla pada Senin (16/1).

Menurutnya, santriwan dan santriwati yang belajar di Ponpes Modern Darul Hikmah akan merasakan manfaatnya dalam 10 tahun ke depan. “Kenapa pondok modern itu penting? Bukan karena jas-nya, bukan pakaiannya, tetapi justru ilmunya yang harus mengikuti (zaman),” paparnya.

Semua masyarakat, lanjutnya, mengetahui persaingan itu penting dalam hidup ini. “Namun hubungan antar sesama di dunia ini juga penting. Kalau hal itu tidak terjadi, maka bisa timbul kekacauan,” ungkap Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat ini.

Wapres Kalla pun merasa sedih melihat situasi dunia Islam dewasa ini karena hampir semua negara-negara besar di Timur Tengah saling bom, dan saling bakar. “Kita bersyukur tinggal di Indonesia dimana ummat Islam terjaga dan tidak sampai timbul konflik yang besar,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo, S.H., M.Hum., Pimpinan Ponpes Moderan Darul Hikmah, H. Masyhudi Ridwan, S.H., dan Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (Pera), Dr. Ir. H. Muhammad Basuki Hadimuljono, M.Sc., serta Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab), Dr. Ir. H. Pramono Anung Wibowo, M.M.

Dalam rombongan ini, turut hadir Kepala Sekretariat Wapres RI, Drs. H. Mohamad Oemar, M.A., dan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Dr. Ir. H. Bambang Widianto, M.A.

Penulis: Muhamad Ibrahim Hamdani